Audi Batal Bangun Pabrik di Indonesia, Apa Sebabnya?

automotivestandpoint

RAJAMOBIL.COM, Jarta – Produsen mobil Audi dikabarkan bakal mendirikan pabrik baru di Indonesia. Namun, hal itu ternyata gagal terwujud. Apa penyebabnya?

Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor, selaku agen pemegang merek Audi dan VW di Indonesia, Andrew Nasuri, mengungkapkan, memang awalnya Audi berencana mendirikan pabrik perakitan mobil di Indonesia, namun hal itu sepertinya harus tertunda.

“Memang Audi konsisten menunjukkan komitmennya di Indonesia. Karena penjajakan perakitan itu di dalam negeri sudah dimulai sejak 2011,” terang Andrew, di Jakarta, Rabu (1/6).

Andrew menyatakan, seperti diberitakan sebelumnya pada akhir tahun lalu Audi terkena skandal emisi gas buang yang mengharuskan produsen mobil asal Jerman tersebut menarik jutaan mobil buatannya untuk dilakukan perbaikan.

“Setelah ada skandal itu, manajemen di Jerman memerintahkan penghematan operasi. Itu yang menyebabkan rencana perakitan mobil di dalam negeri gagal, jadi kita belum tahu kapan bisa dilanjutkan,” tambah Andrew.

Di tahun 2011, kata Andrew, GMM telah memiliki fasilitas semi-knocked down (SKD) mobil Audi di Indonesia. Namun tahun 2014 fasilitas tersebut harus terhenti disebabkan Audi tengah mempersiapkan fasilitas pabrik baru.

Menurut Andrew, waktu itu mobil Audi dan VW sudah diimpor dalam bentuk semi-knocked down (SKD). Yang kemudian dilanjutkan dengan rencananya di tahun 2015 dengan menyiapkan pabrik untuk proses Completely Knocked Down (CKD), atau mobil buatan Audi yang dirakit di Indonesia. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here