Tahun 2020, Produksi Mobil Diharap Capai 2,5 Juta Unit

Aldiro Syahrian

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Indonesia diharapkan menjadi basis produksi mobil di wilayah ASEAN. Saat ini, Thailand masih dianggap unggul dalam hal memproduksi mobil dan dipasarkan ke negara-negara di sekitar.

Seperti diungkapkan oleh Saleh Husin, Menteri Perindustrian di tahun 2015, Indonesia memproduksi 1,2 juta unit mobil sementara Thailand mampu membuat 2,5 juta mobil. Saleh Husin mengharapkan produksi mobil dapat lebih ditingkatkan tahun-tahun mendatang.

“Kami berharap produksi mobil di Indonesia dapat terus meningkat. Thailand di tahun 2015 memproduksi 2,5 juta unit, Indonesia capai 1,2 juta kita harapkan di tahun 2020 dapat mencapai target 2,5 juta unit,” papar Saleh Husin di Karawang, Jawa Barat (25/7) saat peresmian produksi pertama All New Toyota Sienta.

Aldiro Syahrian
Aldiro Syahrian

Selain untuk memenuhi permintaan dalam negeri, Saleh Husin menyatakan pemerintah berharap makin banyak mobil yang di ekspor.

“Di tahun 2015 ekspor kita capai 207 ribu unit dan diharapkan dapat terus meningkat. Kami juga meminta kepada Toyota untuk tidak hanya fokus di pasar domestik, tapi juga ekspor,” tambahnya.

Saat ini, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memproduksi beragam mobil di Indonesia. Mobil tersebut di ekspor ke lebih dari 70 negara.

Tidak hanya mobil utuh, namun Toyota juga melakukan ekspor kendaraan terurai dan juga juga mesin ke berbagai negara. Namun tidak hanya Toyota, di Indonesia produsen mobil yang memproduksi mobil seperti Daihatsu, Suzuki, Honda dan produsen mobil lainnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here