Kualitas Bahan Bakar Indonesia Terendah di Dunia

Harga Bensin Pertamina

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Bicara soal bahan bakar, Indonesia ternyata menjadi yang terbelakang di wilayah ASEAN. Saat ini, Indonesia hanya menerapkan standar Euro 2, sementara jika dibanding Thailand sudah menggunakan standar Euro 4.

Bahkan, di Singapura sendiri sudah menerapkan standar Euro 5. Sementara Vietnam sudah menggunakan standar Euro 4 untuk bahan bakar yang mereka gunakan.

Menurut Direktur Eksekutif Komite Pengurangan Bensin Bertimbal (KPBB) Ahmad Syafrudin, Indonesia saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu negara dengan standar Euro terendah di dunia dengan beberapa negara Asia Tengah lainnya.

“Indonesia terbilang sebagai negara dengan penerapan standar Euro terendah. Terakhir kali Indonesia meninkatkan standar Euro dari 1 ke 2 tahun 2007,” terang Syafrudin dalam diskusi Tantangan Menuju Euro 6 yang digelar Forum Wartawan Otomotif (Forwot), di Jakarta, Rabu (27/7).

Sementara kendaraan yang dipasarkan di Indonesia saat ini, diungkapkan Syafrudin, idelanya menggunakan standar Euro 4. Hal tersebut disebabkan teknologi yang digunakan sudah terbilang canggih dimana emisi gas buang akan turut berdampak terhadap penggunaan bahan bakar.

“Kami terus berusaha meminta kepada pemerintah untuk meningkatkan standar. Harapan kami semoga pemerintah dapat meningkatkan standar Euro 6 di tahun 2022,” pungkas Syafrudin. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here