Mobil Murah Kini Tak Lagi Murah

Dok TAC

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Perlahan tapi pasti, inilah sebutan untuk harga jual mobil murah ramah lingkungan yang beranjak naik. Hal tersebut bertolak belakang dengan klaim para produsen mobil yang menyatakan bahwa produk LCGC tersebut bakal dijual dengan harga murah.

Saat ini, harga mobil produk LCGC dibanderol dengan kisaran Rp100 jutaan. Jika dibanding pada saat diluncurkan tahun 2013 silam, produk LCGC ini dijual dengan harga mulai Rp70 jutaan.

Melihat hal tersebut, Rizwan Alamsjah Ketua Gaikindo Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) III yang merupakan asosiasi industri otomotif Tanah Air turut berkomentar.

Menurut Rizwan, terdapat beberapa alasan para produsen mobil harus menaikkan harga mobil yang diklaim mobil murah tersebut.

“Jadi untuk kenaikan itu kan ada beberapa penyebabnya, seperti inflasi, exchange range dan line juga bisa berubah. Meski itu mobil dibuat di dalam negeri, tapikan ada bahan baku yang masih di impor,” papar Rizwan saat ditemui di Jakarta, Kamis (28/7).

Meski para produsen mobil kini tiap tahun menaikkan harga LCGC, namun Rizwan menyatakan kenaikan harga mobil LCGC masih tetap dipantau oleh Pemerintah.

“Namun kalau dilihat meski harganya naik dan berada di atas Ro100 jutaan, tetapkan mobil itu harganya di bawah mobil-mobil lain. Jadi tetap masih di bilang mobil murah. Sekarang ada atau tidak mobil yang lebih murah dari itu (LCGC) di bawah seratus? Kan tidak ada juga,” pungkas Rizwan. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here