Toyota Indonesia Ditantang Buat Transmisi

Aldiro Syahrian
RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Peningkatan kandungan komponen buatan dalam negeri pada mobil yang dibuat di Indonesia merupakan salah satu usaha yang dilakukan Pemerintah. Untuk itu, Pemerintah terus menghimbau kepada para produsen mobil di Tanah Air untuk dapat meningkatkan kandungan komponen buatan anak dalam negeri pada mobil yang dibuatnya.
Seperti yang disampaikan Saleh Husin, Menteri Perindustrian yang meminta Toyota terus meningkatkan kandungan komponen lokal pada mobil buatannya. Hal tersebut diungkapkan Saleh Husin dalam pidatonya di peresmian produksi Sienta di Karawang, Jawa Barat.
“Saya mengharapkan ke depannya Toyota Motor Corporation bisa memproduksi transmisinya di Indonesia. Kami berharap transmisi bisa dibuat di sini,” terang Saleh Husin, di Karawang beberapa waktu lalu.
Saleh Husin menambahkan, hal tersebut guna meningkatkan daya saing Indonesia dengan negara produsen mobil lain di wilayah ASEAN seperti Malaysia dan Thailand.
Aldiro Syahrian
Aldiro Syahrian
“Ini untuk kita bisa bersaing dengan Thailand dan Malaysia. Seperti yang perlu diketahui, Toyota sudah melakukan ekspor mobil ke 70 negara di dunia. Pemerintah berharap hal itu dapat meningkat, selain itu, Toyota juga dapat menggunakan jasa enggenering lokal untuk membangun industri otomotif nasional,” tambah Saleh Husin.
Seperti diketahui komponen buatan dalam negeri yang terkandung pada Sienta mencapai 80 persen. Sementara sisanya, masih di datangkan Toyota dari Thailand, Filipina dan Jepang.
Hingga kini pabrik Toyota di Indonesia mampu memproduksi mobil hingga 250 ribu unit mobil per tahun. Sementara pemasok komponen buatan lokal kepada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia mencapai 709 untuk memproduksi mobil, seperti Kijang Innova, Fortuner, Etios Valco, Limo, Vios, dan Yaris. [yog]

2 KOMENTAR

  1. kalau di lihat dari perkembangan Toyota indonesia dengan produk terbarunya yang menggunakan komponen lokal ane rasa tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa memprosuksi transmisi sendiri dan tidak harus impor lagi dari negara Thailand, Filipina maupun Jepang

  2. ane rasa buat kedepan nya bakalan banyak anak bangsa yang bisa buat transmisi lokal apalagi karya anak bangsa ini juga kagak kalah dari produk luar juga

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here