Urban eTruck, Truk Listrik Pintar dari Mercedes-Benz

Trucking Info

RAJAMOBIL.COM, Hannover — Daimler Trucks bikin kejutan di IAA international Commercial Vehicle Show beberapa waktu lalu dengan memperkenalkan Urban eTruck, truk ramah lingkungan untuk moda angkutan masa depan.

Tak hanya truk, Daimler juga memajang beberapa konsep kendaraan komersial, yaitu Bus Mercedes-Benz otonom dengan teknologi CityPilot, dan Vision Van, sebuah van bertenaga listrik untuk kendaraan angkutan logistik ramah lingkungan.

Wolfgang Bernhard, bos Daimler Truck and Bus, menjelaskan bahwa di masa depan, angkutan orang maupun barang akan mulai menggunakan tenaga listrik, termasuk bus, truk dan van. Bahkan untuk bus listrik pertama Mercedes-Benz akan hadir pada 2018 mendatang.

Untuk Urban eTruck, menurut Bernhard seperti dikutip Trucking Info, ditenagai oleh motor listrik untuk menggerakkan roda, sementara teaga listriknya diambil dari baterai modular yang dapat diisi ulang dalam waktu tak lebih dari dua jam. Tenaga listrik ini setara dengan mesin konvensional berbahan bakar diesel. Tapi bedanya adalah tak mencemari lingkungan, karena menghasilkan emisi karbon dan tak ada suara berisik dari mesin.

Urban eTruck dapat dikonfigurasikan untuk berbagai kebutuhan berbeda. Versi standar mengusung baterai lithium-ion dengan tiga modul dan kapasitas baterai total adalah 212 kWh. Baterai ini dapat memberikan dorongan pada truk ini hingga sejauh 200 km, sebuah daya jelajah yang cukup untuk keperluan sehari-hari. Baterai tersebut juga dapat disii ulang saat truk beroperasi dengan memanfaatkan pengereman regeneratif, yang mengubah energi pengereman menjadi energi listrik.

Daimler mengatakan produksi Urban eTruck kemungkinan mulai dilakukan pada awal dasawarsa mendatang.

Bernhard mengatakan para insinyur Daimler telah berhasil mengatasi masalah jarak tempuh dengan cara menambahkan konektivitas dan sebuah peranti bernama Intelligent Range Management. Peranti tersebut akan menggunakan data soal beban muatan dan lainnya, untuk kemudian mengkalkulasi jumlah energi listrik yang dibutuhkan untuk melintasi rute yang telah ditentukan serta memberikan saran untuk mode pengemudian yang digunakan.

Urban eTruck dapat beroperasi dalam tiga mode pengemudian berbeda. Untuk perjalanan standar, Urban eTruck akan disetel ke posisi “auto.” Setelan ini akan otomatis berubah tergantung pada energi yang dikonsumsi. Setelan ini memastikan keseimbangan antara jarak tempuh dengan daya yang tersedia. Untuk mode kedua adalah ‘agile’ dan satu lagi adalah ‘power’. Sementara untuk menghemat daya secara maksimal, tersedia pilihan mode ‘eco’.

Ketika truck pintar ini melaju, di layar akan terpampang daya aktual yang digunakan dibandingkan dengan jumlah yang telah dikalkulasi sebelumnya. Jika membutuhkan tenaga lebih besar, seperti ketika akan berakselerasi setelah terjebak macet, sistem akan memberikan solusi, yaitu apakah akan mengubah mode pengemudian atau bahkan menjadwal pemberhentian untuk pengisian daya listrik. [yog]

Dapatkan penawaran menarik mobil mewah Mercedes-Benz, Klik segera di sini !

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here