Alasan Mobil Harus Spooring

Yogi

RAJAMOBIL.COM, Bekasi – Untuk diketahui, roda yang terdiri pelek dan ban adalah bagian terpenting dari kendaraan. Tanpa komponen tersebut mustahil sebuah mobil dapat melaju di jalanan.

Nah, salah satu perawatan agar mobil tetap nyaman dan aman selama dikendarai adalah dengan melakukan spooring dan balancing secara berkala.

Anto, Kepala Mekanik Bengkel mobil di kawasan Galaxy, Bekasi, menjelaskan, bahwa kondisi jalanan yang rusak dapat berdampak pada kinerja bagian roda.

“Mobil yang sering melewati jalanan rusak lambat laun bakal mempengaruhi kinerja pada bagian kaki-kaki mobil,” ucapnya, di Bekasi, Jumat (21/10).

Seringnya terjadi benturan langsung pada bagian roda, kata Anto, bisa dirasakan ketika sedang berkendara. Hal itu ditandai dengan gejala, seperti setir bergetar ketika sedang melaju, terdengar bunyi-bunyi di bagian roda, laju kendaraaan tidak stabil serta setir membuang ke kiri dan ke kanan.

“Jika hal ini terjadi, saya sarankan segera lakukan perawatan spooring dan balancing,” papar pria yang pernah menjadi mekanik tim balap mobil itu.

Saat ditanya kenapa spooring dan balancing harus dilakukan secara bersamaan? Anto menjelaskan, jika terkena impact dari benturan pada bagian roda, terkadang ban akan melendung atau pelek peyang. Bahakan secara tidak langsung ini akan menimbulkan pergeseran di sumbu kemudi.

“Jadi keduanya dilakukan supaya nanti jalannya lebih perfect, getarannya berkurang, dan aus pada ban menjadi rata dan kemudi akan lurus lagi,” ucap dia.

Adapun langkah ini menurut Bayu, perlu dilakukan sebab semuanya akan kembali lagi kepada faktor keselamatan dalam berkendara.

“Kesimpulannya kinerja mesin yang baik dan kenyamanan berkendara pastinya diharapkan oleh semua pemakai kendaraan,” pungkas pria 38 tahun ini. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here