Toyota dan Daihatsu Buat Perusahaan Baru, Untuk Apa?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Toyota Motor Corp, telah secara resmi menjadi pemilik perusahaan otomotif Daihatsu. Melihat hal tersebut, ternyata Toyota telah menyiapkan langkah besar setelah mengakuisisi saham Daihatsu.

Ya, produsen mobil asal Jepang tersebut dikabarikan akan mendirikan sebuah perusahaan baru. Seperti dilansir dari Reuters, perusahaan tersebut nantinya akan memproduksi kendaraan kompak dan akan dipasarkan di negara-negara berkembang.

Nantinya, perusahaan tersebut akan melakukan studi, perencanaan hingga memasuki tahap produksi mobil kompak terbaru tersebut. Rencananya, perusahaan tersebut akan diresmikan Toyota dan Daihatsu pada tahun 2017 mendatang.

Kabarnya, mobil yang bakal dibuat oleh perusahaan tersebut bakal mengadopsi desain Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Seperti diketahui, di negara asalnya, Jepang, Daihatsu terkenal dengan berbagai produk mobil kompaknya.

“Dengan pembentuan perusahaan ini, Toyota berniat untuk belajar dari Daihatsu dan akan saling belajar satu sama lain. Ini akan mengubah cara kita bekerja,” papar Shigeki Terashi, Executive Vice President Toyota dalam sebuah pernyataan.

Kerjasama dengan mendirikan perusahaan baru ini juga dianggap sebagai upaya yang dilakukan Toyota untuk membuat Daihatsu menjadi penguasa pasar global di segmen kompak entry-level. Sebagai informasi, saat ini Daihatsu menguasai sekitar 16 persen dari total pasar mobil di Indonesia dengan produknya seperti Ayla dan lainnya.

Sementara di negara lain seperti Malaysia, Daihatsu juga mampu menguasai pasar mobil hingga 32,5 persen dengan perusaan joint venturenya.

Tertarik dengan mobil Toyota? klik penawaran menarik disini ! atau mengidamkan mobil Daihatsu? klik di sini!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here