Nissan Navara dan Mitsubishi Triton Bakal Berbagi Platform?

Carscoops

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Langkah Nissan yang mengakuisisi 34 persen saham Mitsubishi, sepertinya akan berdampak pada banyak hal, mulai dari penjualan hingga pengembangan produk bersama.

Meski CEO Renault-Nissan yang kini menjadi Chairman Mitsubishi, Carlos Gohsn, sudah menegaskan bahwa secara bisnis kedua merek ini akan bersaing secara sehat seperti biasa di semua pasar di dunia.

Namun demikian, kepada Car Advice dalam sebuah conference call internasional, Co-CEO Nissan, Hiroto Saikawa, mengatakan platform anyar yang dikembangkan kedua perusahaan dapat dipakai untuk sejumlah model pick-up Nissan dan Mitsubishi di masa mendatang.

“Banyak perusahaan menghadapi masalah menuanya model kendaraan yang mereka miliki. Itu terjadi pada Nissan, juga terjadi pada Mitsubishi. Saya belum bisa memberikan hasil penilaian saya terhadap Mitsubishi untuk saat ini. Tapi saya bisa katakan bahwa kedua perusahaan akan melihat hal ini menguntungkan,” ucapnya.

“Segmen pengembangan platform bersama dapat mencakup pick-up di pasar ASEAN di mana Mitsubishi punya keahlian tertentu,” imbuhnya.

Dari penjelasan Saikawa itu, tergambar harapan bahwa Nissan Navara generasi baru dan Mitsubishi Triton (L200) dapat berbagi platform yang sama, sehingga dapat membantu memangkas biaya pengembangan. Selain itu juga dapat membantu pengembangan pick-up milik Renault dan Mercedes-Benz yang berbasis Navara di masa mendatang. Untuk diketahui, belum lama ini Mercedes-Benz dan Nissan telah menjalin kesepakatan untuk bekerjasama dalam pengembangan pick-up bongsor, sebagai upaya Mercedes memasuki segmen pick-up mewah.

Sebagai informasi, Mitsubishi Triton saat ini masih mengusung mesin tipe 4D56 2.5 L 4-silinder DIHC 16 katup. Kelima tipe New Mitsubishi Triton juga telah ditanami teknologi Direct Diesel Injection pada masing-masing mesinnya. Selain itu, Mitsubishi pun menyematkan fitur DI-D Commonrail dengan turbocharger, selain teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) serta ECU Multi Port Injection. Mesin New Mitsubishi Strada Triton berkapasitas 2.477 cc, dengan tenaga sebesar 110 PS pada 4.000 rpm (HDX Single dan Double Cabin), 136 PS pada 4.000 rpm (GLS), 178 PS pada 4000 (Exceed A/T dan M/T). Sementara torsi maksimum mencapai 20.4 Nm pada 3500 rpm (tipe HDX), 33,1 Nm pada 3500 rpm (GLS), dan 40,8 Nm pada 3500 rpm (Exceed).

Di sisi lain, Nissan Navara dibekali mesin berkapasitas 2.488 cc 4 silinder DOHC 16 katup VGS Turbo bertenaga mulai 120 PS hingga 140 PS di 3.600 Rpm. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here