Toyota Avanza Transmover Dibanderol dengan Harga Rp143 Juta

toyota-avanza-transmover
toyota-avanza-transmover

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – PT Toyota Astra Motor ( TAM ) resmi menghadirkan Toyota Avanza Transmover sebagai kendaraan Low Cost Green Car ( LCGC ) yang didedikasikan khusus untuk taksi online.  Mobil yang masuk disegmen Multi Purphose Vehicle ( MPV ) ini merupakan varian paling rendah yang dibanderol harga Rp 143 juta on the road ( OTR).

Karena mobil ini dibanderol murah dan dipasarkan untuk segmen komersial ( Taksi online ) maka mengalami penurunan spesifikasi baik itu di eksterior dan interiornya. Strategi ini sebenarnya pernah digunakan oleh Toyota pada mobil sedannya yakni Limo dan hingga kini masih digunakan sebagai usaha Taksi.  Harga Toyota Transmover dibanderol murah bahkan lebih murah dari varian Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

“Avanza Transmover ini menjadi peluang baru di segmen 4×2 MPV Low karena para pengusaha taksi ataupun pemerintah sudah mengizinkan taksi dari MPV Low,” ujar Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate TAM yang dikutip DetikOto (30/11). Karena memiliki mesin 1.298 cc, mobil inipun diizinkan jadi taksi. Berbeda dengan Calya yang tak sampai 1.200 cc.

Pada sisi eksteriornya yang paling terlihat adalah penggunaan pelek berbahan kaleng berukuran 16”, bannya berdimensi 185/70 dan tanpa mud guard. Bagian grill depan jelas terlihat tidak dilapisi dengan cat warna dasar material dan tanpa panel krom dengan maksud saat terjadi tabrakan maka biaya untuk pengecatan jadi lebih murah.

Selain itu juga dengan spionnya yang tidak dilapisi dengan warna cat dan juga tidak dilengkapi fitur motor elektrik atau dengan kata lain ‘manual’.  Pada bagian emblem Avanza tepat dibagian belakang diganti dengan tulisan Transmover yang hanya menggunakan stiker serta tanpa adanya black out window pada bagian sampingnya.

Dibagian interior Toyota Transmover terlihat mulai dari doortrim yang tidak dilapisi dengan kain fabric dan juga tidak dilengkapi dengan konsol tengah dengan tempat penyimpanan tertutup.  Dibagian seluruh joknya menggunakan campuran bahan fabric dan vinyl dengan alasan agar lebih mudah dibersihkan dan jok baris pertama tanpa back pocket. Dibaris penumpang belakang dilengkapi seat belt warning disisi driver dan penumpang depan serta terdapat 3 point ELR disemua kursi. Untuk urusan pendingin ruangan tersedia AC register Center & side dan sayangnya tidak dilengkapi Audio+2 speaker.

Mesin Toyota Avanza Transmover dibekali dengan mesin yang sama dengan mesin Toyota Avanza, yaitu mesin 1NR-VE 1.300 cc bertransmisi manual. Penggunaan mesin ini juga menjadi alasan mengapa Toyota meluncurkan Avanza Transmover yang saat ini menjadi satu-satunya pilihan bagi taksi online yang tidak lagi diperbolehkan menggunakan mesin dibawah 1.300 cc. Sehingga jika kamu berpikir untuk membeli Toyota Calya sebagai armada taksi online, gantilah ke Toyota Avanza Transmover yang lebih murah dari Calya G Automatic.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?