8 Tips Mudik Aman Dengan Mobil Pribadi Ala RajaMobil.com

RajaMobil.com – Musim mudik lebaran telah tiba. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, berlebaran bersama keluarga menjadi salah satu hal terindah dan sakral.

Ada beragam pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk mudik, mulai dari transportasi darat menggunakan kereta api, bus, motor maupun mobil pribadi, transportasi laut dengan kapal laut ataupun transportasi udara dengan pesawat terbang apabila kampung halaman kita terlalu jauh.

Nah kali ini Tim RajaMobil.com akan memberikan 8 Tips Mudik Aman dengan Mobil Pribadi, Cekidot :

  1. Cek Kondisi Kendaraan

Ini merupakan hal yang paling penting jika anda mudik dengan mobil pribadi. Lakukan pengecekan mobil anda pada bengkel resmi. Kondisi kendaraan akan menjadi faktor terpenting karena mempengaruhi keselamatan anda dan keluarga.

Komponen yang penting di cek pada mobil adalah : mesin, kampas rem, oli, airbag, roda, dan sistem kelistrikan.

Baca Juga : Tips Cek Kendaraan Sebelum Mudik Yang Dapat Anda Lakukan Sendiri

  1. Hindari Membawa Barang yang Melebihi Kapasitas Mobil

Untuk keselamatan dan kenyamanan ketika mudik, alangkah baiknya tidak membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas mobil. Jika terjadi kelebihan beban, hal ini berpotensi membahayakan keselamatan semua penumpang. Khusus untuk mobil kelebihan beban dapat memberatkan kinerja pada ban mobil anda.

  1. Sediakan Obat-obatan atau Kotak P3K

Hal ini yang tidak boleh terlewat untuk para pemudik. Pulang ke kampung halaman yang jaraknya jauh memerlukan kondisi badan yang fit, apalagi pemudik yang membawa anak. Obat-obatan seperti minyak angin, vitamin harus selalu disediakan pada kendaraan mudik anda.

  1. Bawa Uang Tunai yang Cukup

Membawa uang tunai ketika mudik tidak boleh dilupakan. Sebab, selama perjalanan menuju kampung halaman, anda tidak akan selalu menemukan mesin ATM, dan jika anda ingin membeli keperluan saat dijalan tidak semua toko menyediakan pembayaran non tunai.

  1. Bawa Makanan dan Minuman yang Cukup

Ketika anda mudik, kemacetan adalah hal yang biasa anda temui dalam perjalanan mudik. Masih ingat kemacetan parah yang terjadi di ruas tol Brebes Exit (BreXit) yang memakan waktu bahkan berhari-hari. Oleh karena itu membawa makanan dan minuman yang cukup saat mudik sangat bermanfaat selain dapat menghemat pengeluaran anda dijalan, membawa makanan dan minuman dapat mencegah kondisi lapar bagi pengendara.

  1. Membawa Peta ataupun GPS

Untuk kamu yang tidak hafal jalan ke kampung halaman, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah membawa peta ataupun mengaktifkan Global Positioning System (GPS) pada smartphone.

Fungsi GPS juga dapat membantu anda mencari jalur alternatif yang tidak terkena kemacetan. Jangan sampai waktu mudik anda habis hanya karena nyasar ataupun kemacetan.

  1. Patuhi Lalu Lintas

Karena ingin cepat sampai kampung halaman para pemudik biasanya tidak mengindahkan peraturan lau lintas yang ada. Hal ini sangat beresiko untuk keselamatan anda. Untuk pengemudi taatilah rambu-rambu lalu lintas yang ada, dan tidak usah sungkan untuk bertanya kepada petugas jalan (Polisi lalu lintas)

  1. Istrahat Saat Kelelahan

Perjalanan yang jauh sangat menguras tenaga sehingga membuat badan lelah. Jangan paksakan diri untuk terus menyetir. Gunakanlah waktu untuk beristrahat sejenak jika anda sudah melakukan perjalanan selama 3-4 jam. Anda dapat menggunakan rest area yang tersedia untuk tempat beristirahat.

Menurut laporan dari kepolisian penyebab terbesar kecelakaan ketikamudik adalah faktor kelalaian dari pengendara, ingatlah tujuan kita mudik adalah untuk bersilaturahmi ke sanak saudara, jadi selalu patuhi lalu litas dan tidak egois saat berkendara di jalan.

Lakukan persiapan mudik yang matang, agar perjalanan mudik anda dan keluarga aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Summary
Review Date
Reviewed Item
8 Tips Mudik Aman Dengan Mobil Pribadi Ala RajaMobil.com
Author Rating
51star1star1star1star1star

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?