RAJAMOBIL.COM, Jakarta – GLA pertama kali ditampilkan di Indonesia pada tahun 2014 dan sejak awal menjadi model kesuksesan pada segmen yang telah dibentuk dan didefinisikan ulang oleh kendaraan tersebut. Ciri khas GLA ditandai lewat bahasa desainnya yang sporty dan dinamis, pengendalian yang ringan dan jangkauan individualisasi yang ekstensif. Sebagai SUV kompak pertama dari Mercedes-Benz, model ini membawa angin segar dan memantapkan diri sebagai pemain utama dalam segmen pasarnya.

Model terbaru GLA dari Mercedes-Benz akan diluncurkan mulai bulan ini dengan aksen visual yang tertuju pada desain interior dan eksterior serta perlengkapan kendaraan yang telah diperbarui. Semua hal ini meningkatkan penampilan model SUV kompak tersebut, dan bagian badan kendaraan semakin mengesankan dengan bahasa desain yang jauh lebih kuat.

Roelof Lamberts, President & CEO PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia

The New Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line dibekali mesin 1.6L inline-4 Turbo, dengan kapasitas mesin 1,595 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 156 HP (115 kW) pada 5.500 rpm, serta torsi maksimal sebesar 250 Nm pada putaran 1.250 – 4.000 rpm. Tenaga tersebut dikawinkan dengan transmisi 7-speed DCT (Dual Clutch Transmission). Akselerasi maksimal mobil ini mencapai 8.1 detik untuk 0 – 100 km/jam dan kecepatan maksimal SUV ini mencapai 215 km/jam.

Untuk sisi eksterior, tepatnya pada sektor pencahayaan The New Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line mengalami perubahan. Lampu depan standar LED High Performance telah menggantikan lampu depan bi-xenon yang selama ini telah digunakan. Selain iluminasi lampu yang cemerlang, lampu ini ditandai dengan temperatur warna yang serupa dengan sinar matahari siang hari dan mengurangi ketegangan pada mata selama perjalanan di malam hari. Konsumsi energi juga lebih rendah: sekitar 60% lebih rendah dibandingkan xenon dan sekitar 70% lebih rendah dibandingkan halogen. Lampu depan bersinar rendah yang dikonfigurasi dengan 34 watt bekerja baik dengan teknologi LED projector-beam, yang merupakan sinar utama dengan teknologi reflektor LED. Pada GLA terbaru, lampu depan LED High Performance dengan fungsi multi-level digunakan sebagai standar, dan lampu rem serta lampu sein dikontrol dalam tiga intensitas yang berbeda. Sehingga pengemudi dapat mengatur sesuai dengan pencahayaan yang dibutuhkan, tanpa harus menyilaukan para pengemudi lainnya.

GLA 200 AMG Line terbaru hadir dengan suspensi off-road yang nyaman yang memposisikan bodi kendaraan lebih tinggi 30 milimeter. Hal ini menyebabkan peningkatan kenyamanan berkendara dikarenakan ground clearance yang lebih tinggi, posisi tempat duduk yang lebih tinggi dan tampilan off-roader yang lebih mencolok. Selain itu, pada bagian bumper termodifikasi dengan velg alloy AMG 5-spoke berukuran 19 inci mengkarakterisasi mobil 2017 tersebut pada pandangan pertama. GLA secara visual semakin menggaris bawahi gen SUV yang dimilikinya ke tingkat yang lebih besar dari sebelumnya.

Kiri – Kanan : Ferdiyan Surya, Deputy Director – Aftersales Technic & Services PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Roelof Lamberts, President & CEO PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia,​ Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia, dan Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia

Masih pada sektor eksterior, seri GLA terbaru dari Mercedes-Benz ini semakin mengesankan dalam hal kualitas aerodinamis. Karakterisik aliran yang baik, yang berkontribusi secara meyakinkan terhadap konsumsi bahan bakar rendah dalam kondisi sehari-hari dan tingkat kebisingan yang rendah bahkan saat kendaraan berada pada kecepatan tinggi, mampu dicapai melalui sejumlah optimasi aerodinamis di terowongan angin kencang di Sindelfingen. Lewat berbagai optimasi tersebut, nilai koefisien hambatan dapat ditingkatkan dari 0.29 menjadi 0.28.

Memasuki kabin bagian dalam, interior GLA yang bergaya atraktif dengan bahan berkualitas tinggi semakin diperkuat dengan penutup kursi terbaru dan bagian trim serta panel kontrol chrome. Media display yang berdiri bebas berukuran 20.3 cm (8 inci) ini sangat tipis dan mudah terbaca, begitu juga dengan dial model terbaru berjarum merah. Kontrol untuk saklar yang terletak pada pengaturan kursi elektrik di bagian pintu telah diberikan sorotan kecil namun efektif: kedepannya mereka akan bersinar dalam chrome perak – dan kompartemen penyimpanan pada konsol tengah juga dikelilingi oleh bingkai chrome. Selain itu, cincin nozzle semakin ditekankan dengan demikian semakin menggarisbawahi sentuhan SUV yang harmonis pada bagian dalam kendaraan.

Tidak hanya sampai disitu, pada bagian dalam kendaraan GLA terbaru hadir dengan kursi pengemudi dan penumpang yang dapat diatur secara elektrik dengan fungsi memori dan dukungan lumbar 4 arah. Sunroof panorama yang dapat bergeser memberikan suasana terbaik, serta dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto yang menawarkan teknologi hiburan terbaru dalam kendaraan.

Untuk fitur keamanan, GLA memiliki “Active Brake Assist” sebagai standar: fitur ini memperingatkan pengemudi jika tidak ada ada jarak yang cukup ke kendaraan di depan dan jika diperlukan, dapat memberikan pengereman yang sesuai dengan situasi. Jika sistem mendeteksi bahwa pengemudi beraksi terlalu lambat, sistem ini akan memulai pengereman otonom untuk mencegah tabrakan atau meminimalkan konsekuensinya. GLA juga memiliki “ATTENTION ASSIST” sebagai standar: fitur ini dapat mendeteksi tanda-tanda kantuk lewat perilaku mengemudi dan memperingatkan pengemudi akan microsleep yang mungkin saja terjadi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here