RAJAMOBIL.COM, Tangerang – Mobil berbasis Multi Purpose Vehicle (MPV) tetap menjadi pilihan bagi keluarga Indonesia. Dengan beragam fungsi, segmen ini masih memegang peranan besar bagi penjualan mobil di Tanah Air. Pada Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, pihak Mitsubishi akhirnya menghadirkan secara resmi small MPV baru yang telah lama dinantikan pasar Indonesia dengan nama Mitsubishi ’XPANDER’ yang menjadi primadona bagi pengunjung dalam acara tersebut.

Kehadiran Mitsubishi Xpander menjawab semua kebutuhan bagi keluarga Indonesia, tidak hanya sebuah kendaraan yang mampu membawa banyak penumpang, akan tetapi small MPV ini memiliki desain yang penuh gaya, nyaman dan aman. Sehingga dapat menjadi sebuah aset kebanggan dari gaya hidup modern.

Eksterior

Eksterior Mitsubishi Xpander / Prasetyoandi

Mitsubishi Xpander memiliki desain yang menggabungkan sebuah kebaikan SUV dan MPV, ketangguhan dan karakteristik kedua jenis kendaraan tersebut sangat lekat di dalamnya. Ciri khas yang sangat ditekankan pada desain adalah “DYNAMIC SHIELD” dimana desain tersebut menggabungkan gaya dinamis dengan ekspresi visual dari perlindungan penumpang dan pejalan kaki yang diambil dari desain Outlander PHEV, Pajero Sport dan Eclipse Cross.

Mitsubishi Xpander memiliki tampilan bagian depan yang sangat baik, terbukti dari posisi lampu LED yang berada di atas yang sejajar dengan rata dengan bagian kap mesin. Untuk lampu utamanya sendiri terletak rendah di level bumper bagian depan dengan desain skid plate empat lubang.

Eksterior Mitsubishi Xpander / Prasetyoandi

Bergeser ke bagian samping, terlihat guratan garis tegas terpampang dari pintu samping bagian depan hingga bagian belakang tepat pada sudut lampu rem bagian belakang. Tampilan gagah juga terdapat pada lekukan bodi yang menyerupai over fender layaknya SUV pada bagian samping.

Eksterior Mitsubishi Xpander / Prasetyoandi

Masih seputar pencahayaan, pada bagian belakang terdapat lampu kombinasi LED yang memiliki desain unik seperti huruf L yang mengarah ke pintu bagasi, dimana lampu LED tersebut di desain terpisah dari lampu rem. Sedikit bergeser ke bawah, terdapat skid plate yang senada dengan bumper bagian belakang, serta dipermanis reflector pada kedua sisinya.

Interior

Interior kabin baris pertama Mitsubishi Xpander / Prasetyoandi

Memasuki bagian interior, MPV yang berkapasitas 7-penumpang ini memiliki ukuran ruang kabin lebih luas dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya yang menjadikannya berbeda dengan MPV lainnya. Selain itu, terdapat tata letak yang cerdas dilengkapi oleh ruang bagasi yang lapang.

Kabin baris pertama tersaji instrumen panel yang rapih, serta memiliki segala yang dibutuhkan oleh pengemudi. Desain melengkung pada bagian dashboard depan memancarkan kemewahan dan kelapangan yang memberikan tanda visual ketika berkendara pada jalan yang rusak dan bergelombang.

Pada baris ini juga terdapat banyak ruang penyimpanan besar dan kecil yang dapat menampung segala sesuatu mulai dari barang bawaan yang sangat besar, hingga smartphone dan koin. Bahkan terdapat “kotak rahasia” tersembunyi yang terletak di dalam dashboard depan.

Dashboard & Panel Instrument Mitsubishi Xpander / Prasetyoandi

Multi-Information Color LED display yang terdapat pada bagian tengah instrument cluster memberikan informasi kondisi kendaraan kepada pengemudi. Ketika mesin mobil dinyalakan terdapat tampilan yang menyambut pengemudi. Fitur eco-driver membantu memberikan informasi untuk menjaga bahan bakar tetap efisien pada saat berkendara.

Sistem hiburan yang disajikan dapat dihubungkan ke fitur bluetooth smartphone untuk melakukan panggilan dengan mode hands-free dan sambungan koneksi internet. Pada setiap baris terdapat slot USB yang sudah dilengkapi dengan soket listrik 12 volt dan tempat untuk menaruh smartphone pada setiap kursi.

Mitsubishi Xpander memiliki fitur Keyless Operating System (KOS) memungkinkan kendaraan untuk dapat dibuka dan mesin dapat dinyalakan ketika kunci berada dalam saku pengemudi. Fitur ini berkomunikasi secara nirkabel dengan kendaraan. Untuk kenyamanan yang lebih, posisi lampu akan tetap menyala selama 30 detik ketika pintu dibuka dengan remote.

Interior kabin baris kedua Mitsubishi Xpander / Prasetyoandi

Memasuki baris kedua, terdapat sandaran kursi yang dirancang dengan pembagian 60 : 40. Sandaran kursi bagian tengah di baris kedua juga dapat dilipat menjadi sandaran tangan atau menjadi ruang untuk meletakan barang-barang yang sangat panjang, seperti sebuah karpet yang dilipat atau tangga.

Tingkat kenyamanan juga terasa pada kabin baris ketiga, dimana terdapat headroom dan legroom yang cukup lapang bagi penumpang di baris ketiga. Selain itu, pada sandaran kursi pada baris ketiga dibagi 50 : 50 yang dapat dilipat dengan mudah untuk mengatur kursi dan koper dalam berbagai kombinasi, atau untuk memberikan area penyimpanan datar yang luas tanpa benturan maupun celah.

Interior kabin baris ketiga & ruang bagasi Mitsubishi Xpander / Prasetyoandi

Seperti penjelasan di atas bahwa MPV ini dibekali soket listrik setiap baris kabinnya, untuk baris pertama terdapat soket pada bagian bawah head unit, untuk baris kedua berada dalam ruang penyimpanan tengah kabin baris pertama antara kursi pengemudi dan penumpang, sedangkan untuk baris ketiga berada di bagian armrest sebelah kanan yang sejajar dengan bottle holder.

Dimensi

Mitsubishi Xpander digadang-gadang sebagai MPV yang lebih lebar dan lebih besar di kelasnya, dimana ukuran panjang dan lebarnya melampaui para pesaingnya. Primadona MPV dari Mitsubishi ini memiliki dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm dan Ground Clearance mencapai 205 mm, yang memungkinkan mobil ini handal pada jalan yang tak beraspal maupun medan tropis sekalipun.

Ground Clearance Mitsubishi Xpander mencapai 205 mm / Prasetyoandi

Kenyamanan dan kestabilan berkendara menggunakan Xpander akan lebih unggul berkat bodi ringan dengan kualitas tinggi dan desain suspensi yang optimal. Mpv ini dibekali fitur Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) pada struktur bodi monokok, yang menggabungkan penyerapan energi efisien dengan integritas kabin tinggi. Masih soal tingkat keamanan, MPV ini dibekali air bag untuk pengemudi dan penumpang baris depan, juga sabuk pengaman tiga titik untuk semua kursi.

Untuk keamanan pasif, All-New Xpander juga dibekali brake assist, anti-lock braking system (ABS), active stability Control (ASC), hill start assist (HSA) dan juga emergency stop signal system (ESS).

Mesin

Mesin berkapasitas 1.5L, 1.499 cc, 16 katup + teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVE) / Prasetyoandi

Xpander dibekali mesin berkapasitas 1.5L, dengan kubikasi 1.499 cc, 16 katup yang dilengkapi dengan teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVE). Teknologi tersebut mampu menghasilkan output berdaya lebih tinggi, tetapi rendah akan konsumsi bahan bakar dan gas buangnya.

Tenaga maksimal yang dihasilkan dari mesin Xpander mencapai 120 HP dan torsi maksimal sebesar 145 Nm. Transmisi MPV ini tersedia dalam dua pilihan, yakni transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan. Kedua powertrains memberikan dorongan dan kinerja yang handal, bahkan saat mendaki bukit yang curam dengan muatan penuh.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?