Ini Daftar Lima Mobil Baru Car of The Year 2017 Versi FORWOT

5 mobil baru car of the year

RajaMobil.com – Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) Indonesia kembali menggelar award bergengsi FORWOT Car of the Year. Tahun ini, FORWOT Car of the Year 2017 menseleksi 32 mobil baru dari berbagai merek yang ada di Indonesia.

“FORWOT Car of the Year 2017 diselenggarakan untuk memberikan rekomendasi mobil-mobil terbaik yang diluncurkan dalam periode yang telah kami tentukan. Di sini, kami meninjau dan menimbang dari berbagai aspek untuk menilai mobil apa saja yang layak dan pantas masuk guna diadu dan keluar sebagai mobil terbaik,”kata Wakil Ketua Umum FORWOT Zainal Abidin.

Dari 26 juri yang terlibat dalam pemilihan, telah ditentukan lima model nominasi Car of The Year 2017. Inilah Daftar Lima Mobil Baru Car of The Year 2017 Versi Forum Wartawan Otomotif :

  1. BMW i8
BMW I8

BMW i8 merupakan sports car pertama di dunia yang diproduksi dengan fokus pada prinsip pengembangan berkelanjutan (sustainability). Mobil Baru BMW ini mampu mengakomodasi penumpang 2+2 dengan panjang 4.689 milimeter, lebar 1.921 milimeter dan tinggi 1.297 milimeter (termasuk roof fin), yang mana semuanya merupakan proporsi khas dari sebuah sports car. Karakter dinamisnya terlihat dari kap mesin panjang, desain aerodinamis, garis atap yang membentang, overhang pendek dan jarak sumbu roda sepanjang 2.800 milimeter. Kombinasi kemampuan sport dan efesiensi bahan bakar diwujudkan melalui desain khas BMW i. Front track yang lebar (1.644 milimeter pada poros penggerak roda depan, 1.721 milimeter pada poros penggerak roda belakang) melengkapi karakter dinamis BMW i8.

2. Honda Civic Hatchback 2017

All-New-Honda-Civic-Hatchback

Selain tampilan dan fitur yang berbeda dari Civic model sebelumnya, perbedaan terbesar datang dari sektor mesin. Kali ini Honda Civic baru menggunakan mesin bertipe L15B7 generasi anyar berkapasitas hanya 1,5-liter. Mesin ini dibubuhi turbo single scroll MHI TD03 dan internal wastegate, dengan boost 16,5 psi. Tenaga yang terlontar mencapai 173 PS dan torsi 220 Nm. Transmisinya hanya CVT saja.

3. Honda CR-V 2017

all new honda cr-v

Dengan kapasitas 7 orang penumpang dan ruang kabin yang luas, All New Honda CR-V ini memiliki dimensi berukuran panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.679 mm. Dengan jarak sumbu roda mencapai 2.660 mm

Pembahasan mengenai dapur pacu dari All New CR-V Luxury 7-seater Turbo. SUV ini dibekali mesin 1.5L DOHC 4 silinder segaris, 16 katup VTEC Turbo + DBW dan sudah dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI sebagai suplai bahan bakar. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 190 PS pada putaran 5.600 rpm dan torsi maksimal sebesar 240 Nm pada 2.000 – 5.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut disalurkan melalui sistem transmisi CVT.

4. Hyundai Tucson

Hyundai Tucson

Hyundai memperkenalkan All New Tucson terbaru. Mobil ini dibekali mesin 4-silinder bensin atau turbodiesel. Mesin diesel berkode R20 sanggup memproduksi tenaga hingga 178 PS dan torsi 400 Nm. Untuk meneruskan daya, Tucson XG diesel dimodali transmisi otomatis 6-speed dengan Shiftronic.

5. Suzuki Ignis

suzuki ignis

Suzuki Ignis hadir dengan desain baru bercita rasa SUV yang sporty dan stylish. Dengan desain tersebut membuatnya menonjol di antara para pesaingnya. Suzuki Ignis juga dibekali rancangan bodi dari platform Heartect berstruktur high-rigid underbody dimana bodi dari Suzuki Ignis ini mengusung konsep Total Effective Control Technology.

“Dalam pemilihan FORWOT Car of the Year 2017 ada fenomena menarik yakni masuknya model berbasis listrik yang dipilih oleh para juri,” Zainal menambahkan.

Sementara itu, penjurian FORWOT Car of the Year 2017 akan berlanjut untuk menentukan satu mobil terbaik. “Forwot Car of the Year 2017 menjadi bukti kredibilitas kami selaku jurnalis automotif untuk menilai mobil-mobil terbaru yang menghiasi pasar automotif nasional,”ujar Ketua Dewan Juri, Ekawan Raharja.

Berikut mekanismenya:
1.       Menjaring 32 model baru yang meluncur dari periode Agustus 2016 – Juli 2017
2.       Panel juri memilih dan menghasilkan lima finalis
3.       Lima finalis ini nantinya akan dipilih berdasarkan voting. Tiap juri akan diberikan 25 poin yang didistribusikan pada finalis

FORWOT Car of the Year merupakan pemilihan mobil terbaik yang dilakukan oleh para jurnalis otomotif yang bernaung di bawah payung Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) yang telah dilaksanakan sejak 2009. Kriteria penjurian adalah Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental requirement, Driver Satisfaction, dan Price. Selain itu tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here