Tips Sederhana Jaga Performa Rem Mobil Tetap Prima

RajaMobil.com – Setiap kendaraan memiliki banyak komponen keselamatan yang wajib diperhatikan pegendara. Salah satu bagian paling vital di dalam mobil berupa rem harus dipantau secara teratur untuk menjaga keamanan pengendara saat di jalan. Secara umum perangkat rem menjadi satu bagian mekanis bahkan jadi komponen paling vital sehingga membantu mengurangi resiko kecelakaan.

Banyak tips sederhana jaga performa rem mobil tetap dalam keadaan pria harus dilakukan secara berkala. Oleh sebab itu perawatan sampai pemeriksaan secara teratur bahkan setiap hari wajib dilakukan. Berikut ini tips singkat mengenai cara menjaga performa rem mobil tetap prima pada kendaraan pribadi.

Cek Indikator Rem

Rata-rata jenis mobil keluaran terbaru sudah dibekali indikator tingkat kepekatan oli ataupun minyak rem. Akan tetapi untuk melihat performa rem masih stabil atau tidak harus dilakukan tes praktek. Caranya sangat mudah ambilah jarak cukup jauh lalu majulah dengan menginjak pedal rem, jika sudah yakin langsung tancap gas. Cara ini juga efektif untuk semua jenis mobil.

Cucilah Mobil Secara Berkala

Hubungan antara tempat pencucian mobil dengan pengecekan rem masih belum banyak dipahami. Pemilik mobil sebaiknya memilih tempat mencucian mobil berkualitas terbaik untuk mencuci bagian pelek, cakram, sampai dudukan brake pad. Kondisi cakram, pelek dan brake pad yang kotor mampu menghambat kinerja pengereman, oleh sebab itu cucilah mobil pada tempat cuci profesional.

Ganti komponen Rem Secara Berkala

Hal terpenting dari komponen rem adalah proses pergantian yang harus diperhatikan pengendara. Jika terjadi indikasi penurunan fungsi rem seperti timbul getaran berlebihan saat mengerem cepat lakukan pengecekan kemudian gantilah komponen rem untuk mengembalikan performanya.

Lakukan Pemeriksaan Berdasar Kilometer

Tips sederhana jaga performa rem mobil juga bisa dilakukan dengan mengandalkan fungsi penghitung kilometer. Pada jenis pengereman hidrolik pemeriksaan rutin harus dilakukan minimal saat menempuh jarak 40.000km, sedangkan komponen brake pad wajib diganti ataupun dilakukan pengecekan setelah menempuh jarak 10.000km.

Memperhatikan tips sederhana jaga performa rem mobil mampu mencegah terjadinya kecelakaan akibat rem blong atuapun rusaknya komponen rem. Jadi kenali tanda-tanda masalah awal pada bagian rem untuk melakukan upaya perawatan secara dini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here