Gaji 5 Juta Ingin Beli Mobil Baru ? Bisa, Perhatikan Hal Ini Dahulu !

RajaMobil.com – Siapa yang tidak ingin memiliki mobil baru ? setiap orang pasti memiliki impian untuk memiliki mobil baru. Kadangkala keinginan itu harus tertunda dikarenakan memiliki gaji yang “pas-pasan”.

Pertanyaannya adalah apabila kita memiliki gaji 5 juta, apakah kita bisa membeli mobil baru ? Jawabannya, Bisa. Tapi, ada hal yang harus diperhatikan jika anda ingin membeli mobil baru dengan gaji 5 juta. Berikut hal yang harus anda perhatikan :

Berapa Harga Mobil Baru yang Ingin Dibeli

Dengan gaji 5 juta, tentunya anda tidak bisa memilih dengan bebas mobil baru yang ingin anda beli. Kenapa ? karena jumlah cicilan maksimal yang diatur oleh pihak leasing atau lembaga keuangan adalah 30 persen dari gaji atau sekitar Rp1,5 jutaan perbulan.

Dengan cicilan 1,5 jutaan perbulan, maka mobil baru yang bisa anda beli harga kisarannya 100 – 150 juta. Mobil apa yang memiliki harga dikisaran 100jutaan ? anda bisa cek di Harga Mobil Baru.

Simulasi Cicilan

Setelah kita mengetahui harga mobil baru yang ingin anda beli, saatnya melakukan simulasi. Asumsikan gaji 5 juta kita harus disisihkan untuk keperluan hidup,tabungan, biaya sekolah jika anda sudah memiliki anak, dan kebutuhan lainnya.

Kemudian sisakan minimal 1,5juta (30%) untuk cicilan. Alangkah baiknya bisa lebih, karena anda juga harus mempersiapkan biaya perawatan mobil hingga pajak mobil.

Kini kita siapkan uang muka (down payment) tak ada jalan lain menabunglah! Kumpulkan jatah cicilan Anda yang 30 persen itu selama beberapa bulan untuk mendapatkan angka semaksimal mungkin. Taruhlah 10 bulan, didapat hasil maksimal Rp 15 juta.

Jika harga mobil Rp 120 jutaan, dan uang muka muka 20 persen, angka yang diperoleh adalah Rp 24 jutaan. Leasing biasanya memberi promo cashback yang bisa dipakai untuk potongan DP, sehingga total uang muka bisa ditekan sampai sekitar Rp 15 jutaan.

Untuk menghitung simulasi anda dapat menggunakan aplikasi keuangan dari finansialku.com. Anda dapat membuka web finansialku.com atau download aplikasinya di google play store.

Download Aplikasi

Berdasarkan hitung-hitungan jika bunga diasumsikan sebesar 6 persen, dengan kemampuan menyicil Rp 1,5 juta sebulan selama 6 tahun, maka didapat harga mobil sekitar Rp 108 jutaan.

Akan sedikit lebih berat jika anda mengincar mobil di atas harga tersebut. Hanya ada dua pilihan yakni menaikkan uang muka (DP) atau memanjangkan lamanya cicilan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here