RAJAMOBIL.COM – Toyota hadir dengan perkembangan keseluruhan teknologi baru yang akan dipamerkan melalui Toyota New Global Architecture (TNGA). Teknologi terbaru tersebut mencakup pengembangan transmisi dan mesin baru. Ini menjadi langkah lain dalam peningkatan unit powertrain berbasis TNGA sebesar 80% untuk kendaraan Toyota dan Lexus dalam lima tahun kedepan.

Wujud teknologi terbaru diimplementasikan melalui mesin Dynamic force berkapasitas 2.0 liter dan berkapasitas 2.5 liter. Mesin tersebut tersemat didalam model Camry edisi terbaru. Mesin 2.0 liter hadir sebagai mesin konvensional dengan termal efisiensi maksimum sbeesar 40% dan 41% jika menggunakan hybrid.

Dilansir dari laman Paultan.org, Toyota membekali dua mesin tersebut dengan system pembakaran baru dengan system electric yaitu VVT-iE pada intake cam untuk respon yang lebih baik serta system direct injection D-4S. Pada permukaan piston juga telah dilapisi material khusus sehingga mengurangi gaya gesek yang berlebih. Sementara untuk alur crosshatch dibuat oleh laser untuk meningkatkan ketahanan terhadap goresan.

Toyota

Sementara itu, katup valve berlapis teknologi Laser-clad untuk mempercepat asupan udara sehingga menghasilkan output lebih besar dan pembakaran lebih optimal. Selain itu, mesin ini dilengkapi dengan variable cooling system dengan elektrik  pada thermostat dan water pump untuk menghasilkan sistem pendinginan yang optimal.

Beralih pada sistem transmisi, Toyota mengembangkan teknologi CVT dengan direct-shift. Toyota mengklaim sebagai pabrikan pertama yang menggunakan teknologi ini. Alat tersebut membantu peningkatan efisiensi pada transimisi serta rasio gigi yang rendah seperti pada saat situasi perjalanan sedang macet atau stop and go.

Sistem transmisi ini menggunakan gear drive, sehingga diklaim mampu menghasilkan akselerasi yang lebih baik. Gear drive memacu akselerasi dengan sangat responsive sehingga mengalihkan sistem dari drive ke sabuk CVT. Hal tersebut menghasilkan tenaga yang halus serta tanpa adanya jeda .

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here