RAJAMOBIL.COM – Menginjak usia 6 tahun, nampaknya sudah cukup untuk dua mobil kembar identik yakni Toyota GT 86 dan BRZ mendapatkan penyegaran dari setiap sektor-nya. Kabar gembira bahwa Toyota dan Subaru akan mempersiapkan generasi penerus dari GT 86 dan BRZ telah memasuki tahap pengembangan. Toyota dan Subaru merencanakan generasi penerus GT-86 dan BRZ akan hadir pada tahun 2020 mendatang.

Eksterior Toyota 86

Mobil kembar ini masuk kedalam segmen mobil sport berpenggerak roda belakang. Sejak awal, mobil ini digadang-gadang memiliki performa dan kelihaian dilintasan balap drift. Bagi kedua produsen ini terdapat tanggapan yang berbeda. Subaru menganggap bahwa BRZ kehilangan satu karakter dari Subaru, yakni sistem penggerak All-Wheel Drive (AWD), sementara untuk Toyota menganggap bahwa GT 86 merupakan kebangkitan mobil sport AE86 dimasa keemasannya.

Kedua mobil ini menggunakan mesin yang sama yakni Boxer 4 silinder berkapasitas 2.0 liter yang mampu menunjang pengendalian disetiap tikungan. Mesin ini memiliki  konfigurasi kepala silinder yang membentang, sehingga tidak memiliki titik grafitasi.

Mesin Boxer 4 Cylinder DOHC, 1.998 cc A/T

Dikutip dari Japan Times, hal yang akan berubah yaitu mesin Boxer 4 Silinder 2.0 liter digantikan dengan mesin berkapasitas lebih besar yakni 2.4 liter. Secara standar, kemampuan mesin Boxer 2.0 liter hanya mampu memuntahkan daya sebesar 200 Hp dengan torsi sebesar 205 Nm. Nampaknya hal tersebut dinilai perlu ditingkatkan oleh Toyota dan Subaru.

Di Indonesia, mobil ini memiliki penggemarnya tersendiri, hal tersebut didasari oleh harga sebuah mobil sport yang terjangkau dan memiliki performa baik dibandingkan sekelasnya. Selain itu, basis dari GT 86 dan BRZ memiliki banyak celah yang dapat di eksplore melalui modifikasi. Hal tersebut didukung dengan banyaknya after market yang memproduksi aksesoris khusus GT 86 dan BRZ.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here