RAJAMOBIL.COM – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tampaknya akan mengikuti persaingan di pasar otomotif nasional dengan mempersiapkan penyegaran pada Suzuki Karimun Wagon R, yang akan hadir dengan versi tujuh penumpang.

Sejak diperkenalkan pada 2013 lalu, mobil Low Cost Green Car (LCGC) ini sebenarnya sudah beberapa kali melakukan pembaruan. Sebut saja pada tahun 2014, PT SIS telah menambah varian GS yang berbasis Stingray. Kemudian pada tahun 2015, pabrikan Jepang ini dikabarkan telah meluncurkan transmisi Auto Gear Shift (AGS) sebagai opsi kedua selain manual.

Suzuki Karimun Wagon R
Spyshot Suzuki Karimun Wagon R versi 7-penumpang / foto Motoroctane.com

Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research PT SIS mengatakan, “Kami sedang dalam tahap penyegaran Karimun, namun untuk jadwal pastinya masih kami pertimbangkan.”

Di India, sudah tersiar berita bahwa Karimun Wagon R sedang mempersiapkan versi tujuh penumpang dengan pintu geser. Selain itu, regenerasi ini akan menawarkan setidaknya dua versi, jok dua baris dan tiga baris.

Namun yang cukup disayangkan, mobil ini dikabarkan bakal meluncur di India terlebih lebih dulu. Sementara untuk produksi massal dijadwalkan akan di mulai pada September 2018 mendatang. Beberapa foto penampakan prototipe versi Wagon R juga sedang diuji di jalan-jalan India. Salah satu media India yang melaporkannya adalah Motoroctane.

Bicara soal spesifikasi, Wagon R tujuh penumpang ini dirancang bukan dari platform model lima penumpang. Melainkan memakai platform Heartect yang diadopsi dari generasi baru Swift. Informasi ini mungkin menjelaskan mengapa butuh waktu lama untuk Suzuki beralih dari konsep ke model produksi.

Suzuki Karimun Wagon R
Spyshot Suzuki Karimun Wagon R versi 7-penumpang / foto Motoroctane.com

Tak hanya itu saja, bahkan bodi eksterior dari Suzuki Karimun Wagon R tujuh penumpang disebut memiliki dimensi yang cukup ideal. Di mana, mobil tersebut memiliki panjang 4 m, lebih panjang dari model lima penumpang. Namun, meskipun lebih panjang, untuk wheelbase keduanya tetap sama.

Wagon R tujuh penumpang dibekali regulasi keselamatan baru yang berlaku di India pada Oktober. Pilihan mesin diprediksi bensin K12B 1.2 L dengan 4-silinder dan diesel 1.5 L. Sepertinya Suzuki Indonesia akan memberikan kejutan kembali nih… kita tunggu saja!

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here