RAJAMOBIL.COM, Inggris – Pabrikan mobil mewah asal Inggris, Rolls-Royce, kini bermain dengan segmen Sport Utility Vehicle. Setelah beberapa snapshot dan foto bocorannya, Rolls-Royce secara resmi memperkenalkan SUV pertama yang diberi nama Cullinan. Cullinan merupakan nama yang diambil dari sebuah bongkahan berlian terbesar yang pernah ditemkan. SUV ini hadir dengan karakter mewah yang kental didalam darah Rolls-Royce.

Rolls-Royce Cullinan memiliki dimensi sepanjang 5.341 mm, dengan lebar 2.165 mm dan tinggi 1.835 mm. SUV ini memiliki sumbu roda yang membentang sepanjang 3.295 mm. Cullinan memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibanding pesaing kuatnya yakni Bentle Bentayga.

Seperti halnya dengan Rolls-Royce Phantom, Cullinan memiliki tampilan eksterior ­three-box namun memiliki badan lebih tinggi serta banyak garis vertikal dan horizontal yang membentang dan membuatnya semakin memiliki kesan mewah. Kemapanan berkendara diperlihatkan pada tampilan wajah mulai dari grill berbentuk kotak tegas hingga dengan lampu berdesain slim.

Cullinan memiliki bobot sebesar 2.660 kg, hal tersebut membuatnya lebih berat 200kg dibandingkan Bentayga. Untuk menghasilkan tenaga yang besar dan bertenaga, Rolls-Royce menyematkan mesin berkapasitas 6,75 liter twin turbo dengan V12 seperti  yang tersemat pada Phantom.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 563 Hp pada putaran 5.000 rpm dan torsi sebesar 850 Nm mulai dari 1.600 rpm. Diklaim mobil ini mampu melesat hingga kecepatan 250 km/jam.

Seperti yang diharapkan dari sebuah Rolls-Royce, Cullinan dibekali dengan interior yang sangat mewah dengan detail dan kenyamanan yang lebih optimal. Cullinan dibekali dengan teknologi terbaru dari airsuspension yang tersemat didalamnya. Sehingga mampu memanjakan penumpang ketika ingin naik kendaraan, karena pengemudi hanya menekan tombol selanjutnya mobil akan melakukan penurunan ketinggian sebesar 40mm.

Hal baru juga tersemat pada kabin meliputi kemudi yang lebih kecil dan tebal. Selain itu, Cullinan juga dilengkapi dengan penghangat pada kursi dan berventilasi. Pada tampilan instrument, informasi berkendara disajikan melalui instrumentasi digital, sementara layar sentuh pusat menawarkan pemilihan fungsi, peta, dan pengaturan kendaraan.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here