RAJAMOBIL.COM – Maraknya kasus pencurian kendaraan membuat sebagian masyarakat mengalami kekhawatiran berlebih, apalagi pelaku selalu punya cara khusus yang kian hari semakin canggih. Namun mau secanggih apapun alat pengaman yang direkatkan pada kendaraan, pelaku juga selalu punya cara untuk mengakalinya. Tapi setidaknya dengan memasang alat pengaman tambahan pada mobil, seperti kunci ganda, pelaku harus bersusah payah terlebih dahulu sebelum menggondol barang-barang incaran.

Alat Pengaman Tambahan

Berikut jenis-jenis alat pengaman tambahan yang diyakini dapat mempersulit upaya pelaku pencurian dalam membobol kendaraan :

1. GPS 

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, perangkat GPS sudah banyak yang bisa dikoneksikan ke smartphone. Tentunya hal ini bisa mempermudah pemilik dalam mengontrol kendaraannya.Mobil yang dilengkapi dengan GPS berteknologi teranyar, bisa memancarkan sinyal ke satelit sehingga posisi mobil bisa dipantau. Bahkan ketika mobil dibawa lari, pemilik bisa mematikan mesin kendaraan hanya dengan menelepon atau mengirim pesan singkat.

2. Alarm Mobil

Alat ini masih menjadi salah satu incaran banyak pemilik kendaraan untuk menjaga agar kendaraannya tidak digondol maling. Tapi harus diingat bahwa alarm mobil sangat sensitif dan sering kali bunyi sendiri tanpa sebab. Alhasil, banyak orang tidak peduli ketika alarm berbunyi karena dianggap sudah biasa.

3. Immobilizer

Meski pabrikan sudah memberikan kunci cadangan pada setiap kendaraan baru, tetapi untuk mobil yang sudah mengusung teknologi immobilizer, umumnya hanya diberikan satu kunci. Sementara itu, kunci cadangannya masih konvensional. Immobilizer biasanya ada di sejumlah mobil baru. Alat ini juga terhubung langsung dengan kunci kontak.

Cara bekerjanya, secara elektronik dengan mencocokkan kode kunci dengan kode yang tersimpan dalam Electronic Control Unit (ECU) di mobil. Menggunakan kunci selain kunci asli, mesin mobil tidak akan bisa dihidupkan. Sebagai contoh adalah kunci Toyota Fortuner atau Toyota Yaris pada gambar di atas.

Tapi jika kunci immobilizer hilang atau rusak, cara membuka mobil dengan kunci cadangan tidak bisa lagi dengan menekan tombol unlock, tetapi perlu mencoloknya ke lubang kunci pintu.

Kunci Setir dan Pedal

Ini adalah salah satu aksesoris konvensional terbaik. Kunci setir berfungsi sebagai pengunci pergerakan kemudi mobil. Kunci setir akan dipasangkan pada bagian setir mobil dengan mengkaitkannya pada salah satu komponen dari rem ataupun kopling, sehingga membuat mobil tidak bisa bergerak. Tapi selain dipasang di setir, kunci ini bisa juga disematkan di pedal.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here