Jakarta – Menjelang musim libur dan mudik lebaran, para pengendara yang ingin pulang kekampung halaman tentu sedang memperisapkan kendaraan, rute dan waktu yang tepat agar nyaman diperjalanan. Selain itu, di tahun ini banyak infrastruktur yang baru dan mungkin belum dilengkapi dengan sistem penerangan yang baik saat malam hari.

Untuk itu, sebaiknya para pemudik mempersiapkan kendaraan secara optimal, belum lagi ketika mengemudi pada dini hari sehingga kemampuan mata jauh lebih menurun.

Mengemudi malam hari memang lebih berbahaya. Bahkan ketika mengemudi di waktu istirahat (dini hari) memiliki tingkat kecelakaan lebih besar dari siang hari. Agar tetap aman saat mengemudi di malam hari, berikut tips-tips yang bisa dicoba :

  • Pastikan kondisi lampu-lampu seperti lampu besar, lampu kecil, sein dan lampu rem berfungsi dengan baik. Komponen penerangan yang baik akan membantu perjalanan. Bila perlu bawa bohlam cadangan untuk berjaga-jaga bila di tengah perjalanan lampu mati.
  • Bawa perlengkapan darurat seperti kabel jumper, selimut, tool kit, ban cadangan, kotak P3K dan senter. Alat-alat tersebut berguna ketika mengalami kondisi darurat yang tidak tahu kapan terjadi. Terlebih di malam hari pertolongan lebih sulit dicari.

  • Bersihkan kaca-kaca jendela yang kotor agar tidak membiaskan cahaya silau dari mobil arah berlawanan. Kaca pada rumah lampu juga wajib dibersihkan agar penerangan lebih efektif. Bila lampu jalan terasa membuat silau mata, gunakan sun visor sebagai penghalang.
  • Jangan biarkan mata untuk terus menatap ke depan. Agar tidak cepat lelah, gerakkan mata ke berbagai arah sehingga tetap terjaga. Jangan ikut menyalakan lampu besar ketika ada mobil dari arah berlawanan yang menyilaukan mata. Beri tanda melalui lampu ‘dim’ agar pengemudi tersebut mematikan lampu besarnya.
  • Jaga kecepatan dan perhatikan marka jalan serta rambu-rambu lalu lintas. Jangan menatap atau konsentrasi di marka jalan karena bisa membuat konsentrasi terpecah. Kondisi fisik yang tidak terlalu fit membuat respon menurun. Jaga jarak dengan kendaraan lain di depan untuk menghindari hal tidak terduga.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here