Jakarta – Beragam kondisi jalan di Indonesia membuat produsen kendaraan di Tanah Air melakukan uji coba untuk menghadirkan sebuah produk yang tangguh di segala medan. Chevrolet memiliki SUV yang menjadi pionir sejak beberapa dekade, keunggulan ini tampil pada Chevrolet Trailblazer dan Colorado.

Teknisi dari General Motors (GM) tengah mempersiapkan SUV premium ini untuk menghadapi berbagai kondisi jalan di Indonesia, hal tersebut dapat dilihat dari penyematan rangka baru dan melakukan pengujian ketangguhan secara ketat selama delapan belas bulan untuk pengembangan dan validasi kendaraan.

Pihak Chevrolet sangat memahami bahwa konsumennya kerap mengendarai Trailblazer dan Colorado pada jalur off-road serta beraspal. Karena hal tersebut pihak GM melakukan perubahan pada rangka kendaraan, termasuk power steering elektrik serta memperhalus baik getaran maupun suara transmisi dan mesin.

Selama 40 tahun terakhir GM telah mengumpulkan data untuk digunakan dalam mendesain dan merancang kendaraan baru dalam menghadapi kondisi jalan yang ekstrem dengan lebih tangguh. Trailblazer yang baru telah disempurnakan dengan kerangka yang kokoh, setelan suspensi, peredam guncangan dan bodi mobil terbaru, serta stabilitator yang lebih memadai untuk mengurangi getaran maupun dampak benturan keras.

Uji coba The All New Chevrolet Trailblazer

Untuk Colorado, Electric Power Steering (EPS) memberikan kesan lebih responsif, sehingga meningkatkan kenyamanan pengemudi. Kalibrasi kemudinya telah direvisi dan dikombinasikan dengan putaran kemudi yang lebih cepat (dari 44 mm/putaran menjadi 48 mm/putaran), serta penggantian antar kunci juga ikuta diturunkan (dari 3.9 menjadi 3.29) yang membuat mobil lebih tanggap dan meningkatkan presisi.

Selain itu terdapat perubahan besar pada suspensi Colorado yang memberikan kontrol bodi lebih baik dan peningkatan isolasi kendaraan. perubahan ini termasuk pengenalan antisipasi guncangan pada bodi depan dan belakang, serta peningkatan ukuran bar stabilizer depan 929/31 mm sampai 34 mm) dan perbaikan kecepatan pegas. Tidak hanya itu, pengembangan Kerangka Colorado juga terjadi pada bagian mesin, transmisi dan suspensi.

Mendekati peluncuran, tim GM melalukan buy-off test untuk memastikan semua sistem dan fungsi kendaraan bekerja dengan baik sebelum tim menyatakan kendaraan siap diproduksi dan diperkenalkan ke pasar.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here