London – Sebuah festival tahunan di London – Inggris menjadi ajang membanggakan bagi bangsa Indonesia dan juga Asia. Tiga mahasiswa Indonesia dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara dalam kompetisi Shell IDEAS360, dengan mengusung gagasan dalam sektor energi berjudul ‘Smart Car Microalgae Cultivation Support (MCS)”.

Empat tim MCS berhasil megalahkan finalis lainnya yang berasal dari beberapa negara berbeda, yakni mahasiswa dari American University of Sharjah (Uni Emirat Arab), University of Texas (Amerika Serikat), University of Boerdeaux (Perancis) dan University of Melbourne (Australia).

Pada bulan Februari 2015, menurut penelitian yang dilakukan oleh Jenna Jambeck dan sudah dipublikasikan pada Jurnal Science, penduduk Indonesia yang tinggal di sekitar 50 kilometer dari garis pantai menghasilkan 5,4 juta ton sampah plastik. Hal ini membuat tim Smart Car MCS memiliki ide membuat mobil pintar yang menggunakan limbah plastik sebagai sumber energi alternatif.

Smart Cars MCS UGM

Shell IDEAS360 merupakan ajang kompetisi yang menantang para mahasiwa seluruh dunia untuk mengembangkan beragam ide dan gagasan dalam menghadapi tantangan global dalam sektor energi, pangan, dan air.

Selain sukses merebut hati para juri, tim Smart Car MCS juga berhasil mendapatkan dukungan terbanyak dalam jajak pendapat dan menjadi gagasan paling favorit pilihan publik atau Audience Choice. Gagasan tim dinilai sebagai sebuah ide yang paling inovatif dalam membantu dunia di masa depan, dengan menyumbang 20% skor pada penentuan pemenang hadiah utama pada musim ini.

Smart Car MCS UGM

Sebagai perusahaan dunia, Shell memiliki komitmen untuk memenuhi kebutuhan dunia akan energi dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial, lingkungan dan ekonomi melalui kolaborasi dengan berbagai  pihak termasuk generasi muda. Festival ini merupakan bagian dari komitmen Shell dalam upaya menghadapi tantangan energi masa depan dengan melibatkan anak muda di seluruh dunia.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here