Plat Nomor Kendaraan

Jakarta – Demi keselamatan setiap pengemudi kendaraan bermotor dan meminimalisir pelanggaran lalu lintas di jalan raya. Kepolisian Republik Indonesia mengumumkan rencana untuk mengganti warna dasar plat nomor kendaraan dari hitam menjadi putih.

Menurut Kops Lalu Lintas, warna kombinasi hitam dan putih sulit terbaca oleh kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV). Hal tersebut menjadi sebuah masalah saat adanya pelanggaran lalu lintas, sehingga kamera CCTV tidak bisa mengidentifikasi pelanggaran tersebut.

Seperti yang dilansir dari halaman Detik, Brigjen Muhammad Iqbal, selaku Karo Penmas Divisi Humas Polri mengatakan. ” Semangatnya adalah kita mengoptimalkan upaya-upaya dalam pelayanan dan faktor-faktor keselamatan dan ketertiban lalu lintas.”

Kombinasi warna untuk plat nomor sudah diterapkan di berbagai negara. Seperti di Inggris sudah menetapkan peraturan Rigid yang menyebut plat nomor kendaraan harus berwarna putih untuk plat nomor bagian depan dan warna kuning untuk plat nomor bagian belakang.

“Ketika ada pelanggaran lalu lintas, nantinya CCTV akan merekam dan membaca plat nomor kendaraan tersebut dengan sistem Automatic Number Plate Recognition (ANPR). Sistem tersebut akan menginformasikan identitas pemilik kendaraan, nomor mesin, nomor rangka dan data lain mengenai mobil tersebut,” ungkap Iqbal.

Perubahan tersebut akan dilakukan secara bertahap, sambil menunggu terbentuknya peraturan dari Kapolri (Perkap). Jika sudah sesuai rencana, peraturan tersebut akan mulai berjalan pada tahun 2019 mendatang. (Pras)

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here