Adaptive Cruise Control

Jakarta – Mengendarai mobil pada situasi jalan yang lenggang, kerap kali pengemudi harus selalu menginjak pedal gas secara terus menerus yang membuat kaki pegal dan merasakan kram. Hal tersebut akan berbahaya bagi pengemudi itu sendiri, bahkan keselamatan pengendara yang lainnya. Berjalannya waktu, setiap produsen mobil akan berlomba menciptakan teknologi masa kini. Teknologi tersebut yang akan membantu pengemudi mendapatkan kenyamanan dan rasa aman saat berkendara. Salah satu teknologi yang membantu pengemudi tersebut adalah fitur Adaptive Cruise Control. Bagaimana cara kerjanya? Berikut ini penjelasannya.

Fungsi Adaptive Cruise Control

Fitur Adaptive Cruise Control ini sangat diperlukan, jika pengemudi melakukan perjalanan jarak jauh dengan terus menerus mempertahankan kecepatan kendaraan yang sama. Misalnya pada kecepatan 80 kilometer perjam dengan fitur Adaptive Cruise Control, pengemudi cukup mengendarai mobil hingga 80 kilometer perjam dan mengaktifkan fitur tersebut. Saat fitur sudah aktif, kaki pengemudi dapat dipindahka dari pedal gas dan mobil tetap melaju dengan kecepatan 80 kilometer perjam.

Fitur Adaptive Cruise Control

Adaptive Cruise Control akan menonaktifkan fungsinya jika pengemudi menginjak pedal rem. Bedanya dengan Cruise Control biasa, pada saat mobil di depan mengurangi kecepatan, Adaptive Cruise Control akan mengurangi kecepatan sesuai dengan kecepatan mobil di depannya. Dan akan kembali ke 80 kilometer perjam apabila mobil di depannya kembali ke kecapatan 80 kilometer perjam.

Teknologi fitur Adaptive Cruise Control ini sangat cocok untuk stop-and-go traffic dan mobilitas pengemudi pada jam sibuk di kota Jakarta.

Teknologi ini dapat ditemukan pada Beyond Mobility Area di GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2018. Gelaran acara ini akan berlangsung pada 2 – 12 Agustus 2018 di ICE, BSD – Tangerang. Selain itu, pada Beyond Mobility Area juga dapat ditemukan teknologi auto-parking. Bagi pemula, hal tersebut sangat menghawatirkan bagi pengemudi itu sendiri. Dimana harus parkir pada area yang sempit serta padat dengan mobil lain.

Tidak hanya itu, para pengunjung GIIAS 2018 juga akan menemukan berbagai ragam teknologi otomotif terkini lainnya dan beragam mobil keluaran terbaru. Teknologi tersebut mencakup keamanan, performa dan kenyamanan yang ada pada sebuah kendaraan masa kini. (Pras)

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here