Tangerang – Saat ini pengembangan mobil tidak hanya dari bagian fiturnya saja. Terlebih bagaimana cara menciptakan mobil yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Diperkanalkan pertama kali tahun 2017 di Jepang, Suzuki All New Swift Strong Hybrid didatangkan langsung ke GIIAS 2018 oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Suzuki All New Swift Strong Hybrid memiliki perpaduan Dual Jet Engine dengan sebuah Motor Generator Unit (MGU). Dual Jet Engine merupakan mesin kompak yang dapat langsung memberikan tenaga besar. Sedangkan MGU merupakan motor penggerak untuk membantu kinerja mesin itu sendiri.

Yulius Purwanto, selaku Head of 4W Product Development and Accessories PT SIS.

“Kami menyadari bahwa kebutuhan mobil yang ramah lingkungan dan rendah emisi akan semakin penting untuk masa depan. Oleh karena itu, kami memperkenalkan konsep Suzuki All New Swift Strong Hybrid dalam ajang GIIAS 2018 sebagai bentuk kesiapan kami untuk menghadirkan mobil ramah lingkungan dan rendah emisi di Indonesia,” ujar Yulius Purwanto, selaku Head of 4W Product Development and Accessories PT SIS.

Positioning Suzuki All New Swift Strong Hybrid berada pada posisi kedua, setelah sebelumnya Suzuki telah menghadirkan All New Ertiga Mild Hybrid dan akan dilanjutkan pada teknologi Electrical Vehicle sebagai kelas tertinggi kendaraan hybrid di Suzuki.

Strong Hybrid System

Mesin Suzuki All New Swift Strong Hybrid

Hatchback dari Suzuki ini dibekali Dual Jet Engine 1.200 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 89 HP pada 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 118 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan untuk mesin listriknya memiliki tenaga sebesar 13 HP dan torsi Nm. Untuk baterainya memiliki daya 446 wH, dengan tegangan sebesar 101,6 volt.

Suzuki All New Swift Strong Hybrid tetap menjaga handling khas Swift. Sistem hybrid pada mobil ini mampu membuat efisiensi bahan bakar hingga 32 km perliter. Berdasarkan pengujian Japannese JC08 Cycle, hatchback ini menjadi yang paling irit, dibandingkan dengan produk Suzuki lainnya.

Strong Hybrid System

Suzuki juga menegaskan kesiapannya apabila studi pemerintah Indonesia tentang kendaraan hybrid telah diputuskan. Keyakinan tersebut sejalan dengan standar operasional prosedur Suzuki. “Saat meluncurkan model terbaru, kami juga menyiapkan sparepart yang langsung yang kami sebar pada jaringan bengkel kami. Jadi, konsumen yang ingin membeli produk terbaru Suzuki tidak perlu khawatir,” tutup Yulius. (Pras/Adv)

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here