Suzuki Wagon R Listrik
Suzuki Wagon R 2020 / photo : gaadiwaadi.com

Jakarta – Suzuki adalah salah satu produsen mobil besar asal Jepang yang mendukung kemajuan kendaraan bertenaga listrik. Beberapa waktu lalu, Suzuki berkolaborasi bersama Toyota untuk memproduksi mobil listrik. Kini, Suzuki Wagon R listrik pun tengah disiapkan.

Mobil generasi keenam besutan Suzuki Wagon R listrik ini rencananya bakal diluncurkan pada 2020 yang didasarkan pada platform Heartect, seperti Swift, Dzire, dan Baleno.

Performa Suzuki Wagon R Listrik

Dengan mengandalkan desain dari mobil tersebut maka Wagon R baru ini sudah bisa dipastikan bakal memenuhi standar atas resiko dampak tabrakan. Kelebihan lainnya dari mobil ini juga akan mendapatkan fitur pelindung bagi pejalan kaki.

Namun, mengenai informasi detail dari spesifikasi Suzuki Wagon R listrik tersebut tampaknya memang masih menjadi rahasia dan belum terungkap. Tapi, mobil ini kemungkinan besar bakal mengusung baterai lithium-ion.

Dikutip dari Rushlane, Kenichi Ayukawa selaku Direktur Pelaksana dan CEO Maruti Suzuki mengatakan, “Maruti Suzuki berkomitmen untuk membawa kendaraan listrik pada 2020. Pengujian di berbagai medan dan kondisi iklim akan membantu kami mendapatkan pengalaman saat dikendarai.”

Sementara itu, terkait kerjasamanya dengan Toyota, Maruti Suzuki yang berbasis di India bakal memanfaatkan keahlian Toyota di mobil listrik, guna menghadirkan mobil listrik atau hybrid di India pada 2020. Model-model tersebut, antara lain seperti Wagon R, Vitara Brezza, Baleno dan sedan Toyota Corolla.

Suzuki Karimun Wagon R Versi Terbaru

Beberapa waktu lalu, tersiar kabar bahwa Suzuki akan merilis Karimun Wagon R versi terbaru di akhir tahun ini. India menjadi negara pertama yang merasakan kehadiran mobil baru tersebut. Suzuki juga berinovasi atas versi terbaru dari Karimun Wagon R dengan menghadirkan versi tujuh penumpang. Ini terbukti dengan beredarnya sebuah gambar yang memperlihatkan Suzuki Wagon R sedang di uji coba di jalan raya India yang memiliki dimensi lebih panjang dari biasanya.

Suzuki Karimun Wagon R Versi 7 Penumpang
Uji Coba Suzuki Wagon R versi 7-penumpang / foto by Motoroctane.com

Untuk spesifikasi bodi eksterior dari Karimun Wagon R tujuh penumpang disebut memiliki ukuran yang cukup ideal. Mobil tersebut memiliki panjang yang lebih dari model lima penumpang yaitu sekitar 4 meter. Meskipun memiliki dimensi yang lebih lebih panjang, namun untuk wheelbase keduanya tetap sama.

Menurut kabar yang kami terima, nantinya Suzuki Karimun Wagon R yang beredar di India memiliki dua versi mesin. Yaitu mesin bensin 4-silinder 1.2 L dan 1.5 L. Akankah terealisasi dan beredar di Indonesia? Kita tunggu saja.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here