RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Avanza merupakan produk low multi purpose vehicle (MPV) buatan Toyota. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 2003 dan mendapat penyegaran di tahun 2015 lalu. Dalam pemasarannya, PT Toyota Astra Motor (TAM) membagi tiga varian Avanza, E, G dan Veloz. Untuk mesin yang digunakan terdapat dua pilihan, berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc.

Mobil yang dianggap produk tersukses di pasar otomotif tanah air ini memiliki perbedaan di masing-masing variannya. Namun secara keseluruhan, bentuk bodi serta dimensi mobil ini sama, yakni memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 2.655 mm. Sementara untuk wheelbase 2.655. Yang membedakan masing-masing varian Avanza yakni fitur serta mesin yang digunakan.

Grand new avanza

Seperti varian terendah, Avanza tipe E. Pada varian ini hanya tersedia pilihan mesin 1.3 liter, 4 silinder 16 velve DOHC Dual VVT-I berkapasitas 1.300 cc yang mampu menghasilkan daya 96,5 Ps. Untuk fitur yang tersedia, Avanza varian E tidak memiliki electric control pada bagian kaca spion, dan juga turn singnal lamp. Namun Toyota melengkapinya dengan memberikan lampu depan dengan halogen serta multireflektor.

Namun sayangnya, untuk Avanza termurah ini tidak memiliki fitur lampu kabut (fog lamp). Untuk bagian kabin, Toyota membuatnya dengan paduan warna cokelat dan hitam.

Untuk sistem hiburannya, Toyota Avanza tipe E menggunakan tipe 2 DIN CD AM/FM AUX. Guna mempermudah penumpang mobil dengan tiga baris kursi ini, Toyota menghadirkan fitur sliding dan one touch folding untuk memobilisasi menuju bangku baris ketiga.

Sedangkan pada varian G, Toyota melengkapinya dengan fitur yang lebih lengkap. Seperti tersedianya foglamp, pengaturan elektrik spion dan turn signal lamp. Untuk bagian velg tetap sama seperti varian E yang memiliki ukuran 14 inci. Dan pada sistem hiburan pun sama-sama menggunakan 2 DIN CD AM/FM AUX, namun pada varian G, Toyota melengkapinya dengan fitur Bluetooth dan iPod ready.

Toyota juga sudah melengkapi Avanza tipe G dengan menggunakan fitur keselamatan yang lebih lengkap seperti Immobilizer, yang melengkapi fitur standart seperti Seat Belt with Pretensioner & Force Limiter, Side Impact Beam, ISOFIX, ABS dan EBD serta airbag. Pada varian G, Toyota menghadirkan pilihan mesin 1.500 cc yang bisa menghasilkan tenaga hingga 104 Ps.

Untuk varian tertinggi, Toyota memberikan fitur yang lebih lengkap. Seperti Projector Headlamp, desain grille yang lebih segar, fog lamp dengan tambahan garnish, new side visor, rear reflector, steering switch, serta New Rear Seat Entertainment System yang berupa layar yang tergantung di depan bangku baris kedua.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here