RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Alkisah kelahiran Avanza dimulai sejak tahun 2003. Mobil di segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV) buatan Toyota ini kali pertama diperkenalkan dalam event Gaikindo Auto Expo. Sejak saat itu juga Avanza mulai dipasarkan.

Luar biasanya, hanya dalam hitungan hari setelah diperkenalkan, pemesanan Avanza menembus 100.000 unit. Angka itu terbilang fantastis untuk sebuah mobil baru. Namun yang perlu Anda ketahui, meski bermerek Toyota, justru Avanza diproduksi di pabrik Daihatsu.

Mobil ini dibuat bersama dengan kembarannya, Daihatsu Xenia. Selain itu, tidak hanya di Indonesia, melalui Ferodua Manufacturing – Malaysia dan FAW Jilin – Tiongkok juga turut memproduksi Avanza.

Toyota Avanza 1.3 E

Sudah berkiprah selama 15 tahun di Indonesia, tapi tahukah Anda apa arti dari kata Avanza? Toyota menggunakan bahasa Italia, Avanzato yang memiliki arti ‘peningkatan’ dalam penamaan mobil keluarga andalannya ini. Kala pertama kali diperkenalkan, Avanza hadir dalam dua tipe, yaitu 1.3 E dan 1.3 G dengan transmisi manual. Setahun kemudian Toyota mengeluarkan tipe 1.3 G dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

Lalu, di 2005 Toyota kembali meluncurkan Avanza tipe 1.3 S VVT-i. Kali ini Avanza dibekali Variable Valve Timming Intelligent yang terbilang irit bahan bakar dengan dilengkapi sistem pengereman Antilock Braking System (ABS). Peningkatan produk terus berlanjut, akhir tahun 2006 New Avanza 1.5 S VVT-i hadir dengan kapasitas mesin 1.500 cc dan menjadikannya varian terlengkap dari jajaran Toyota Avanza.

Generasi Kedua Veloz 2011

Setelah berkiprah selama delapan tahun, Toyota akhirnya melahirkan generasi kedua Avanza. Perubahan dilakukan secara keselurahan dan menggusung nama All New Avanza. Pada tahun yang sama muncul varian 9umm ,baru dengan nama Veloz yang berasal dari bahasa Inggris ‘Velocity’ artinya ‘kecepatan’, model terbaru ini menjadi varian tertinggi dari jajaran Toyoto Avanza.

Setelah itu, tahun 2014 Toyota Avanza Luxury hadir sebagai varian paling mewah yang disusul dengan Grand New Avanza dan Grand New Veloz sebagai facelift dari generasi kedua di tahun 2015. Di tahun ini Toyota Avanza hadir dengan menggunakan mesin  4 silinder 16 velve DOHC Dual VVT-I, dengan dua pilihan kubikasi, 1.3 liter dan 1.5 liter.

Dengan segala perubahan yang dilakukan sejak  pertama kali diperkenalkan, Toyota mengklaim penjualan mobil ini hampir mencapai 2 juta unit. Angka ini terbilang besar bagi kendaraan yang baru berkiprah 15 tahun di pasar otomotif tanah air.

Penulis mendapat kabar dari salah satu wiraniaga Authorized Dealer Toyota di Jakarta Selatan, bahwa awal tahun 2019 Toyota akan meluncurkan generasi terbaru dari Avanza. yah.. kita tunggu saja peluncuran varian terbarunya dari Toyota Avanza.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here