Mending Beli Toyota Avanza Atau Honda Mobilio?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kala meluncur di tahun 2003, Toyota Avanza melenggang tanpa ada pesaing. Begitu nyamannya mobil ini sebagai pemuncak penjualan mobil terbanyak tiap bulannya. Memang ada Nissan Grand Livina yang muncul pada 2007, namun tampaknya mobil keluarga Nissan ini tidak mampu menyaingi kepopuleran Toyota Avanza kala itu.

Hingga pada akhirnya, Honda meluncurkan Mobilio pada 2014. Hadir dengan desain yang lebih segar, membuat mobil ini dapat diterima dengan baik di pasar otomotif tanah air. Bagaimana tidak, di tahun pertama kelahirannya, Mobilio langsung jadi tulang punggung bagi Honda, dan penjualannya melampaui produk pendahulunya seperti Freed, CR-V, Jazz dan lainnya.

Baca Juga : Sejarah Panjang Kelahiran Toyota Avanza

Buktinya, dalam catatan kami pada semester pertama tahun 2014, penjualan Mobilio mencapai 46.446 unit. Raihan itu membuat Honda meraih pangsa pasar 23 persen di kelas low Multi Purpose Vehicle (MPV). Secara keseluruhan Honda menjual 82.674 unit mobil dalam enam bulan pertama tahun 2014, dan lebih dari setengahnya disuplai oleh Mobilio.

Namun bila bicara saat ini, masih bisakah Honda Mobilio menyangi Toyota Avanza? Kami akan memberikan sedikit penjelasan bagi Anda yang tengah mempertimbangkan beli mobil keluarga baru antara Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

Baca Juga : Alasan Mengapa Harus Membeli Toyota Avanza

Secara dimensi Mobilio sedikit lebih unggul dibanding Avanza dari segi tinggi dan panjang. Panjang Honda Mobilio mencapai 4.386 mm dan lebar 1.683 mm, sedangkan Toyota Avanza 4.190 mm dan lebar 1.660 mm. Sedangkan untuk wheelbase Mobilio 2.650 mm dan Avanza 2.655 mm.

Untuk kapasitas tangki, Anda sepertinya sedikit lebih nyaman bepergian bersama Avanza karena memiliki kapasitas yang lebih besar. Avanza 45 liter dan Mobilio 42 liter. Sedangkan untuk pilihan yang tersedia, Avanza kembali lebih unggul. Mobilio hanya tersedia dalam sembilan pilihan, sementara Mobilio hanya enam pilihan tipe.

Baca Juga : Perbedaan Tipe Toyota Avanza

Lantas bagaimana dengan fitur dan kabinnya? Kedua mobil ini sama-sama menawarkan tujuh kapasitas penumpang didalamnya, dengan konfigurasi kursi tiga baris. Namun menurut penulis, dibangku baris ketiga Toyota Avanza sedikit lebih nyaman untuk penumpang dewasa dibanding Mobilio. Selain itu, terdapat juga ruang bagasi di bagian belakang yang berfungsi untuk menaruh barang dengan ukuran sedang.

Untuk fitur yang tersedia, Avanza memiliki Sebut saja fitur yang dimiliki Avanza seperti ABS dengan EBD, ISOFIX, Immobilizer Key, 3 point seat belt untuk ketujuh penumpang, SRS Airbag, serta beberapa fitur lain. Dan tampaknya untuk yang satu ini, Mobilio lebih unggul.

Bagaimana tidak, Mobilio sudah memiliki fitur kekinian seperti Vehicle Stabillity Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Audio Steering Switch, ISOFIX, SRS Airbag, Key Immobilizer, Alarm System, 3 Pont Seatbelt dan lainnya. Sedangkan untuk transmisi, Mobilio juga sudah dilengkapi dengan CVT yang membuat perpindahan transmisi terasa lebih halus.

Baca Juga : Daftar Fitur Keren Honda HR-V 2018

Pada sistem hiburan, Avanza terpusat pada layar sentuh berukuran 6,1 inci dan terkoneksi dengan DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth dan Ipod Ready. Dan pada Mobilio, ukuran layar sistem hiburannya lebih besar, 6,8 inci ditambah 6 speaker premium dibeberapa titik. Lantas bagaimana dengan urusan dapur pacu?

Toyota Avanza hadir dengan menggunakan mesin berteknologi dual VVT-i dengan dua pilihan kubikasi, 1.3 liter dan 1.5 liter. Pada Mobilio, menggunakan mesin i-VTEC SOHC berkapasitas 1.5 liter yang mampu menghasilkan daya hingga 118 Ps pada putaran 6.600 rpm.

Baca Juga : Harga dan Layanan Purna Jual Honda Brio

Dan terakhir yaitu harga, Mobilio mulai Rp 193 juta hingga Rp 228,9 jutaan, detail lengkapnya lihat disini. Sedangkan Toyota Avanza, dipasarkan dengan bandrol mulai Rp 188,6 juta dan varian tertinggi Rp 239,4 jutaan, lengkapnya klik disini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here