RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Liburan ke luar kota bersama keluarga saat malam pergantian tahun merupakan momen yang paling ditunggu. Karena dapat menampung banyak anggota keluarga, berkendara dengan mobil merupakan pilihan yang tepat saat liburan.

Saat berkendara, keselamatan menjadi prioritas utama yang wajib dipahami pengendara. Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan banyak jalan licin, tergenang air, bahkan banjir di beberapa daerah. Oleh karena itu, pengemudi wajib memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan aman saat digunakan.

Berikut ini beberapa tips berkendara aman dari Chevrolet :

Rencanakan Rute Perjalanan

Rute Ganjil Genap di Waze

Selain dapat menghindari rute yang macet, merencanakan rute perjalanan dapat meminimalisir tersesat di jalan. Melalui fitur Mylink yang ada pada Chevrolet Trailblazer dan Trax, pengemudi dapat menggunakan peta digital google atau waze untuk mengetahui arah lokasi tujuan.

Gunakan Sabuk Pengaman

Terlepas dari jarak perjalanan yang ditempuh, pengemudi atau penumpang wajib memakai sabuk pengaman sebelum mobil mulai berjalan.

Gunakan Kursi Keselamatan Anak (Car Seat)

Saat dalam perjalanan, menempatkan anak di pangkuan atau memakaikan sabuk pengaman orang dewasa pada anak akan membahayakan mereka saat terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, gunakan kursi keselamat anak (Car Seat) yang lengkap dengan sabuk pengaman pada bangku di baris kedua.

Gunakan Lampu kendaraan Pada Saat yang Tepat

Jangan pernah lupa gunakan lampu isyarat (Sein) saat berpindah jalur dan berbelok. Selain itu, gunakan lampu jarak jauh atau lampu tembak di waktu yang tepat. Jika dalam kondisi darurat, gunakan lampu hazard dan hindari penggunaan yang bukan pada tempatnya.

Pengemudi Wajib Dalam Kondisi Fit

Bila dalam perjalan panjang, kondisi pengemudi wajib memiliki istirahat dan tidur yang cukup. Setiap 2 jam perjalanan, berhentilah untuk beristirahat dan melakukan senam ringan. Selain itu, aktifkan fitur Lane Departure Warning yang terdapat pada Trailblazer untuk memastikan kendaraan tidak berpindah jalur tanpa sengaja saat berkendara di jalan tol.

Siap Siaga dan Konsentrasi Saat Menghadapi Kejadian Tidak Terduga

Jika kita sudah berhati-hati di jalan, belum tentu orang lain melakukan hal yang sama. Maka waspada terhadap mobil yang parkir di sepanjang sisi jalan, sepeda motor dan pejalan kaki yang tiba-tiba berpindah jalur atau menyebrang jalan.

Waspada Terhadap Cuaca

Curah hujan yang tinggi di bulan Desember, akan mengakibatkan banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Pengemudi wajib waspada dan mampu membaca situasi jalan dan sekitarnya akan akibat yang ditimbukan hujan.

Batasi Kecepatan Berkendara

Berkendara dengan normal dan batasi kecepatan laju kendaraan sesuai dengan kemampuan mengemudi anda.

Bawa Perlengkapan Darurat

Jangan pernah meninggalkan perlengkapan darurat dalam mobil anda, seperti kotak P3K, ban cadangan, lampu cadangan, senter dan tool kit sebagai antisipasti selama perjalanan.

Pastikan Perjalanan Tetap Menyenangkan

Perjalanan saat liburan sangat menguras tenaga dan emosi, hal tersebut disebabkan karena kemacetan lalu lintas yang memakan waktu. Maka dari itu, pastikan perjalanan anda tetap terhibur dengan games atau musik. Selain itu, selalu sediakan makanan dan minuman ringan yang cukup saat berkendara.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here