Ini Dia Mobil-mobil Jepang yang Merubah Perspektif Dunia

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Jepang miliki sejarah panjang di industri otomotif dunia. Negeri Samurai ini bahkan bisa dikatakan merajai produksi otomotif di Asia bahkan global. Ini karena produk-produk yang diciptakan pabrikan asal Jepang, selalu di terima di berbagai negara. Produk yang ciptakan pun beragam, mulai dari kendaraan harian, lintasan balap, dan budaya modifikasi.

Ternyata, tidak hanya dalam hal produksi, ada juga beberapa produk pabrikan mobil asal Jepang yang hingga kini masih terkenang dan bisa dikatakan melegenda. Bahkan, beberapa mobil ini bisa mampu merubah dunia. Apa saja mobilnya? Simak berikut ini :

  • Toyota 2000GT

Ditegah pusaran mobil sport era 60-an hingga 70-an, Toyota berhasil memproduksi kendaraan sport yang cukup ikonik. 2000GT mampu mengubah persepsi dan merevolusi mobil pabrikan Jepang. Saat itu, mobil pabrikan Jepang masih dianggap kurang menarik. 2000GT menjadi salah satu bukti bahwa pabrikan asal Jepang mampu menghadirkan mobil sport yang dapat menyaingi rival dari Eropa.

2000GT hanya dijual sebanyak 351 unit di dunia. Pada saat itu, sebuah 2000GT masih dianggap memiliki harga yang terlalu mahal bahkan melebihi harga Porsche dan Jaguar. 2000GT menggendong mesin 2.0 liter Yamaha tuned 6 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 150hp berpenggerak roda belakang. Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan limited slip differential dan power-assisted disc brake pertama di Jepang.

  • Datsun 240Z

Nissan 240Z menjadi cikal bakal Fairlady Z hingga saat ini. 240Z pertama kali diproduksi untuk pasar Amerika. Meski memiliki garis bodi yang mirip dengan 2000GT, tapi mereka tidak saling menghancurkan karakternya masing-masing.

240Z menggendong mesin 2.4 liter 6 silinder segaris yang menghasilkan tenaga sebear 151 hp berpenggerak roda belakang.

  • Mazda MX-5 Miata

Mazda MX-5 Miata merupakan kendaraan sport berdimensi mungil yang laris dipasaran hingga satu juta unit. MX-5 Miata dianggap memiliki aura yang sama dengan mobil sport asal Inggris dan Italia era 50-an sampai 60-an.

MX-5 Miata memiliki keunggulan yakni bobot ringan, desain kompak, dan berpenggerak roda belakang. Keunggulan tersebut yang membuat MX-5 Miata laris manis dipasaran. Selain itu, harga yang ditawarkan untuk sebuah MX-5 terbilang terjangkau jika dibandingkan dengan mobil sport pada jamannya. Sejak diperkenalkan tahun 1989 hingga 2019, MX-5 Miata mendapatkan perubahan model.

  • Toyota Corolla

Corolla membuktikan bahwa bukan hanya mobil segmen sport yang dapat mengubah dunia. Namun, passanger car pun bisa merubah dunia otomotif. Corolla telah dinobatkan sebagai mobil terlaris di tahun 1997 dan mencapai penjualan 40 juta unit Corolla ditahun 2013.

Disaat Jepang melahirkan banyak ikon, Corolla membentuk segmen subkompak dan kompak di seluruh dunia dan berkontribusi besar pada gagasan keandalan Jepang.

  • Honda NSX

Siapa tak kenal supercar pertama dari Jepang? Ya, itu adalah Honda NSX. NSX dirilis pada tahun 1990 dengan mengembangkan aerodinamika serta desain kokpit dari pesawat tempur F-16. NSX menggendong mesin 3.0 liter V6 yang mampu memuntahkan daya sebesar 270hp.

NSX menjadi salah satu supercar daily use jauh sebelum hadirnya Audi R8 dan Porsche 911. Sayangnya, NSX harus berhenti produksi dan absen selama 11 tahun.

  • Toyota Supra

Berbicara mengenai performa mobil Jepang, tentu tidak akan lepas dari nama Supra. Supra menggendong mesin 2JZ-GTE yang sangat legendaris dan memiliki performa yang luar biasa. Supra dengan mesinnya bahkan dapat dibilang mesin terkuat dari Jepang pada masanya, yang mampu menembus angka 1.000 tenaga kuda.

Supra menjadi pendongkrak kepercayaan public mengenai mobil sport Jepang dan tidak dapat diragukan lagi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here