RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Jika dari beberapa pekan lalu kita berbicara mengenai Supra MKV dengan platform BMW Z4. Sebenarnya, seperti apa sih wujud BMW Z4 2019, dan apa bedanya dengan Supra MKV?

Nah, kali ini akan membahas wujud keduanya. Sebagaimana diketahui, BMW dan Toyota bekerjasama untuk membangun 2 mobil sport-nya. Terlahir dinegara yang sama, Austria, nampaknya BMW dan Toyota tidak membagi lembaran desain yang sama. Secara keseluruhan, yang sama dari Supra dan Z4 adalah handle pintu, spion dan kaca bagian depan.

 

Dilihat dari bagian depan, Supra dan BMW Z4 sangat terlihat jelas bahwa dibangun diatas platform yang sama. Namun, Supra tetap dengan lampu depan dengan garis karakter pendahulunya.

Selain itu, bagian wajah Supra didesain seperti V-Shape pada Formula 1.Sementara, BMW Z4 memiliki wajah yang berbeda. Grille besar menjadi ciri khas BMW saat ini terpampang jelas, selain itu desain bumper memiliki karakter seperti seri M-Technic dengan U-shape.

Beralih kebagian buritan, keduanya jelas menganut aliran berbeda. Jika BMW Z4 menganut desain roadster, Supra menganut desain coupe. Toyota mendesain buritan Supra dengan V-shape untuk memaksimalkan aerodinamika dari sebuah sport coupe, dilengkapi dengan lampu rem bagian bawah yang terinspirasi dari F12 Berlinetta.

Sementara, Z4 hadir dengan buritan yang terlihat lebih lebar tanpa ada v-shape seperti Supra. Garis lampu belakang dibuat sangat berbeda, Supra hadir dengan tarikan garis dari samping kebawah dan Z4 hadir dengan tarikan garis depan ke belakang.

Pada bagian samping, meski secara keseluruhan memiliki shape yang sama dengan aura sport. Namun, Supra lebih menonjolkan kesan aerodynamic dan berotot, sementara BMW lebih kalem dan elegan.

Lalu, apa yang kalian bayangkan terhadap kedua interiornya? Ya, dua-duanya menawarkan driving experience yang berbeda.

Hal tersebut dilihat dari desain keseluruhan mulai dari dashboard, doortrim, center fascia, center console, steering wheels hingga jok. Dari keseluruhan interior, yang terlihat sama yaitu tuas perseneling dan analog i-Drive.

Tidak hanya sebatas analog i-Drive, Supra juga mengadopsi i-Drive Entertainment milik BMW. I-Drive terhubung kelayar yang berada diatas kisi-kisi AC.

Meski diatas platform yang sama, pengalaman mengendara yang berbeda juga dapat dilihat dari tampilan speedometer keduanya. Sama-sama menggunakan layar LCD, Toyota mendesain cluster instrument Supra bergaya sporty, simple dan tegas. Sementara, BMW  bergaya sport Eropa lengkap dengan GPS.

Jadi, jika kalian menilai bahwa Supra dan BMW itu sama. Nyatanya kedua mobil ini menawarkan driving experience yang berbeda lho!.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here