RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Toyota bakal meluncurkan varian HiAce convertible generasi baru dengan desain yang menarik menyerupai Toyota Alphard. Mobil ini akan mulai dijual bulan depan, tapi sayang hanya untuk pelanggan Australia.

Memang tak dapat disangkal bahwa Toyota HiAce telah menjadi pilihan populer bagi pedagang dan kurir. Mobil ini merupakan kendaraan komersial berukuran menengah dan pertama kali diluncurkan di Jepang pada tahun 1967 silam. Ketika muncul ke permukaan, HiAce digunakan secara luas dalam berbagai konfigurasi untuk kebutuhan berbagai macam bisnis.

Brodie Bott, Public Relation Toyota di Australia mengatakan, “Mobil dengan versi convertible ini diharapkan bisa populer di kalangan banyak konsumen kami di Australia. HiAce baru dapat menavigasi jalan-jalan kota yang sibuk dan membuat Anda tetap merasa nyaman dan aman ketika harus berpindah dari tempat A ke tempat B.”

“Selain itu HiAce Convertible juga mampu memberi Anda kebebasan untuk membuka atap dan menuju ke pantai untuk liburan di akhir pekan. Mobil ini memiliki garis-garis yang berotot dengan opsi konversi soft-top dan hadir di seluruh jajaran model HiAce baru, termasuk konfigurasi kursi roda panjang dua kursi (LWB) dan konfigurasi kursi roda super panjang (SLWB). Bahkan bus komuter SLWB 12-kursi akan menawarkan pengalaman berkendara di udara terbuka,” tambah Bott.

Pada mobil baru ini, Toyota Australia siarnya juga akan menjual pai oven built-in opsional yang pertama di industri, yang disebut PieAce. Itu terletak di bagian bak belakang, termasuk oven, panggangan, dan kipas dengan empat rak memasak.

“PieAce membawa arti yang sama sekali baru untuk istilah ‘makanan di atas roda’. Oven ini adalah inovasi yang terbaik. Pelanggan kami tahu bahwa kami selalu menghadirkan hal-hal apa saja yang mungkin bisa dibawa di mobil tersebut, dan PieAce mengambil HiAce Convertible ke tingkat yang berikutnya,” pungkas Bott.

Toyota sendiri melalui situs resmi Motor1, baru akan mengumumkan harga jual HiAce convertible bulan depan bersamaan dengan peluncurannya di Australia.

Toyota HiAce hingga kini sudah mengeluarkan enam generasi, yang pertama periode tahun 1967 hingga 1977 dengan berbagai model bodi, diantaranya pick-up, delivery van, dan kendaraan komuter. Berikutnya tahun 1977 sampai 1982 dengan bentuk bodi yang lebih mengkotak dengan satu lampu depan.

Generasi ketiga diluncurkan pada tahun 1982 dan tersedia dengan variasi jarak sumbu roda (wheelbase) beraneka ragam, dapat dilihat dari kode modelnya: van 50 series menggunakan jarak sumbu pendek, 60 series lebih panjang, sedangkan 70 series sangat panjang. Versi truk dari generasi ini menggunakan kode 80 dan 90 series.

Selanjutnya generasi keempat, diproduksi dalam kurun waktu 1989 hingga 2004, generasi kelima dari 2005 hingga 2018 dan mengalami ubahan tuas transmisi yang dipindah ke dasbor mobil untuk lebih mempermudah gerak di dalam kabin. Terakhir generasi keenam pada tahun 2019 yang mencakup varian mewah dan ditempatkan di antara varian standar dan Toyota Alphard.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here