Diluncurkan Kemarin, Apa Itu Toyota Fun/Code?

Diluncurkan Kemarin, Apa Itu Toyota Fun/Code?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Toyota Fun/Code adalah kompetisi hacking dimana para pengembang perangkat lunak ditantang untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam menciptakan sebuah sistem aplikasi yang dapat berguna bagi masyarakat luas, dan juga pemain dalam bisnis industri otomotif.

Melalui tema “Fun, Futuristic, Informative” Toyota Indonesia berusaha mencari dan mengembangkan bibit-bibit unggul SDM di Indonesia yang memang masih banyak tersembunyi, belum diasah sehingga belum terlihat kemampuannya.

Diluncurkan Kemarin, Apa Itu Toyota Fun/Code?

Tidak hanya mencari bibit unggul semata, dalam acara ini Toyota Indonesia melalui perwakilannya, Anton Jimmi Suwandy sebagai Marketing Director PT Toyota Astra Motor, mengharapkan bahwa masyarakat mulai sadar akan kemajuan indsutri yang sangat pesat. Terlebih mengingat internet sudah tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, sudah pasti akan banyak sekali muncul bisnis-bisnis baru di era industri 4.0.

Dibagi dalam beberapa sub-tema, peserta diwajibkan untuk membuat sebuah aplikasi. Lalu apa saja tema-tema berikut?

Eco Driving

Ketika memilih tema ini, peserta diharapkan untuk dapat mengembangkan aplikasi atau teknologi berbasis web yang dapat meningkatkan kemampuan pengemudi agar lebih efektif, efisien, dan ekonomis. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan konsentrasi CO2 di angkasa akan sedikit berkurang.

Education

Aplikasi semacam panduan safety riding, simulasi keamanan berkendara, akan menjadi topik utama dalam sub-tema ini. Diharapkan aplikasi tersebut dapat memberikan edukasi kepada siapa saja yang menggunakannya agar budaya keamanan berkendara akan lebih luas lagi terasa manfaatnya.

Diluncurkan Kemarin, Apa Itu Toyota Fun/Code?
Ilustrasi Aplikasi Handphone

Ownership Experience

Tema ini menekankan pada pengalaman penggunaan kendaraan sehari-hari, dan layanan aftersales yang diberikan oleh Toyota. Oleh karena itu aplikasi yang dapat menyambungkan antara konsumen dengan mobil, atau dengan bengkel, akan sangat membantu dalam tema ini.

Value Chain & Trade-In

Peserta yang memilih tema ini diharapkan dapat membuat sebuah ekosistem aplikasi yang berguna dari sebelum konsumen memilih mobil, sampai ketika ingin menjualnya kembali. Tipe-tipe aplikasi all-in-one akan sangat membantu konsumen dalam memahami mobil yang dimilikinya.

Disability

Dari tema ini, Toyota meramalkan akan adanya aplikasi atau sistem web yang memudahkan saudara-saudara kita yang disabilitas agar lebih mudah dalam berkendara. Seperti mencari tempat parkir yang memiliki titik khusus difabel, atau tempat perbelanjaan tertentu yang ramah disabilitas.

Lima tema tersebut akan menjadi tema utama dari para peserta. Bagi para tim atau perseorangan dapat langsung mendaftar di tautan ini. Toyota sendiri berjanji akan memberikan hadiah yang tidak main-main, mencapai Rp 100 juta utnuk tiga orang peserta terbaik.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here