Volvo Driver Challenge Kembali Lahirkan Supir Truk Terbaik Indonesia

Volvo Driver Challenge 2019

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2019, merupakan kompetisi yang diselenggarakan bersama oleh Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras. Tak hanya sebatas adu kemampuan dalam mengemudi, kompetisi ini bertujuan untuk lebih memperhatikan efisiensi bahan bakar dalam berkendara.

Volvo mengklaim, sejak tahun 2007 materi pengujian dalam kompetisi ini berfokus pada efisiensi bahan bakar dan teknologi yang berkembang di truk Volvo.

Baca juga : Ribuan Mobil Honda Bermasalah, Bagaimana Dengan Mobil Kamu?

Volvo Driver Challenge 2019

“Efisiensi bahan bakar dan ketrampilan dalam mengemudi menjadi fokus utqma kompetisi ini. Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge memiliki tantangan yang biasa dihadapi pengemudi truk setiap hari, keahlian mereka seringkali menjadi faktor penentu bagi produktivitas dan profitabilitas perusahaan,” ungkap Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras.

Sebanyak 10 finalis mengendarai dump truck Volvo FMX 400 6X4R dan FMX 480 6X4T semi-trailer dengan panjang lintasan sejauh 5 km yang telah dibagi menjadi 2 bagian. Sisi luar berfokus pada efisiensi bahan bakar dan sisi dalam menekankan pada keterampilan mengemudi dimana pengemudi harus bermanuver menaklukan sejumlah rintangan.

“Mengemudikan kendaraan berat memerlukan keterampilan, tetapi mengendarainya dengan efisien merupakan seni. Volvo Trucks Driver Challenge bertujuan untuk menarik perhatian tentang pentingnya pekerjaan yang dilakukan oleh pengemudi truk kita,” ujar Jurn Terpstra, Direktur Volvo Trucks Indonesia.

Baca juga : Mobil Listrik, Menperin: Produsen Mobil Harus Buat Baterai Secara Lokal

Volvo Driver Challenge 2019
Hermansyah, Juara Pertama Volvo Driver Challenge 2019

Selanjutnya Jurn juga menegaskan, setiap tahun terdapat 200 peserta dari 10 perusahaan. Penilaian diberikan berdasarkan efisiensi bahan bakar, kemampuan manuver, dan keamanan. Pemenangnya adalah pengemudi dengan poin gabungan tertinggi dari sisi luar maupun sisi dalam.

Proses penilaian yang ketat dalam kompetisi ini menobatkan pengemudi truk bernama Hermansyah membawa pulang gelar juara dan akan melakukan perjalanan menuju Gothenburg, Swedia. Sedangkan untuk juara kedua dinobatkan kepada Irvan Ardianto dan Catur Handoko di juara ketiga.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here