NHTSA Mulai Ujicoba Kamera di Kaca Spion

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat mengambil langkah menuju masa depan kendaraan dengan melakukan pengujian kamera pada spion untuk menggantikan kaca spion.

Dilansir Motor1, Kamis (29-8-2019), NHTSA berencana menguji bagaimana pengemudi di AS dapat menggunakan kamera untuk mengganti kaca spion tradisonal menjadi kaca berbasis kamera. Sistem kamera sideview sendiri sejatinya seudah tersedia pada beberapa mobil di Eropa dan Jepang, sayangnya peraturan teknologi kini belum diatur di Amerika.

Baca Juga : Lexus RC F Hadir Lebih Buas, Lengkap dengan Track Edition

Namun, NHTSA mengaku masih terus mempelajari masalah ini. Pengujian baru pada awalnya akan fokus pada kendaraan penumpang dan kemudian pada kendaraan yang lebih besar.

Salah satu produsen mobil yang sudah siap ialah Lexus, mobil asal jepang itu kini sudah tersedia dengan kamera tampilan samping atau kaca spion. Lexus menempatkan layar lima inci untuk menampilkan tampilan luar di setiap sisi kabin.

Tampilan kamera beradaptasi dengan pengemudi, termasuk memperkecil saat perubahan jalur. Sistem ini juga mencerahkan gambar eksterior selama berkendara malam hari untuk visibilitas yang lebih baik.

Baca Juga : Lexus RX 350L, SUV Premium 7-penumpang resmi meluncur bulan ini

Toyota mulai menjual Lexus ES di Jepang sejak tahun lalu dengan kamera yang menggantikan kaca spion dan diikuti oleh Volkswagen, yang mulai menjual model Audi E-Tron dengan kamera dan bukannya kaca spion di Eropa pada bulan Desember.

Kemudian, Honda E akan tampil dengan kamera yang dipasang spion dan akan diluncurkan di Eropa pada tahun 2020. Mobil listri bergaya retro itu memiliki sepasang layar berkuran enam inci di kabin untuk menampilkan video.

Pengemudi memiliki pilihan tampilan normal atau lebar tergantung pada seberapa banyak apa yang terjadi di belakang mobil yang ingin mereka lihat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here