RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Ternyata, penggunaan kendaraan yang salah dapat membuat tingkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih boros. Padahal, tingkat efiensi yang rendah penting bagi mereka yang menggunakan kendaraan untuk kegiatan sehari-hari. Tidak hanya menghemat pengeluaran, namun juga bisa mengurangi penggunaan sumber daya alam yang digunakan untuk bahan bakar.

Dengan cara yang benar, maka Anda bisa berhemat dalam melakukan pengeluaran setiap harinya untuk membeli BBM. Untuk itu, perlu bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengemudi untuk menghasilkan metode Eco Driving. Berikut tujuh tips hemat bahan bakar yang diberikan PT Suzuki Indomobil Sales : Panaskan Mesin Dengan Tepat.

Suzuki ertiga

1. Panaskan Mesin Dengan Tepat

Saat ini pabrikan sudah menciptakan mobil dengan berbagai teknologi. Hal itu membuat Anda tidak perlu lagi memanaskan kendaraan dalam waktu lama. Informasi penting bagi Anda, kini idealnya waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin mobil hanya sekitar 3 menit.

Atau, Anda bisa melihat petunjuk suhu mesin yang terdapat di MID sebagai indikasi apakahnya mobil sudah siap untuk melaju. Pasalnya, bila Anda memanaskan mobil terlalu lama, mesin akan menghabiskan sekitar 160 cc BBM. Hal ini sudah pasti membuat konsumsi bahan bakar boros.

2. Perhatikan Tekanan Udara Ban

All New Ertiga Suzuki Sport

Tekanan ban juga ternyata berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM. Ya, jika tekanan ban berkurang 50 kPA (0,5 kg/cm2) dari tekanan normal, akan terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar sekitar 2% sampai 4%. Jadi baiknya Anda periksa tekanan ban sebelum melaju.

3. Akselerasi Perlahan

Dengan akselerasi yang sedikit lebih perlahan (20 km/jam selama 5 detik saat mobil baru mulai melaju) akan mampu mengurangi konsumsi bahan bakar sekitar 11 %. Pasalnya, saat akselerasi baru dimulai, mesin akan membutuhkan bahan bakar lebih banyak untuk dapat melaju. Dengan cara yang tepat, maka tingkat konsumsi BBM dapat lebih rendah.

4. Perhatikan Penggunaan AC Secara Tepat

All New Ertiga Suzuki Sport

Suhu udara di dalam kabin juga perlu diperhatikan. Karena bila suhu terlalu dingin, ternyata juga bisa berdampak pada penggunaan BBM yang lebih boros. Jika menggunakan Air Conditioner (AC) dengan suhu 25C, maka tingkat knsumsi penggunaan bahan bakar bsia mencapai 12 persen.

Selain itu, perlu juga bagi Anda untuk menutup semua kaca mobil. Hal ini untuk memastikan AC tidak bekerja telalu lama yang bisa mengakibatkan BBM lebih boros.

5. Jangan Membawa Barang yang Tidak Diperlukan

Ketika berkendara dengan membawa barang yang beratnya mencapai 100 kg, maka akan meningkatkan konumsi bahan bakar mobil Anda hingga 3 persen.

6. Gunakan engine brake

All New Ertiga Suzuki Sport

Gunakan engine brake secara positif. Pengemudi bisa menggunakan engine brake atau melepas pedal gal secara positif untuk mengurangi laju kendaraan. Saat menggunakan engine brake, mesin menghentikan suplai bahan bakar dan tingkat konsumsi bahan bakar menurun sekitar 2%.

7. Perhatikan Area Parkir

Hindari parkir ilegal untuk mencegah kemacetan. Parkir tidak pada tempatnya dapat menggangu kelancaran berkendara dan menyebabkan kemacetan arus lalu lintas. Jika kecepatan berubah dari 40 km/jam jadi 20 km/jam, akan menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat sekitar 31%.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here