RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Usia truk yang sudah uzur jadi salah satu penyebab rawannya kecelakaan di jalan raya. Melandasi hal itu, Pemerintah melalui Kementrian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengeluarkan peraturan pembatasan usia truk di tanah air. Saat ini, peraturan yang akan segera diterbitkan tersebut kini tengah dalam tahap kajian.

Wacana pembatasan usia truk ini dipaparkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Darat (Kemenhub), Budi Setiyadi dalam acara diskusi pintar yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) hari ini, Kamis (3/10) di Jakarta. Budi menyatakan, perlunya ada pembatasan usia truk guna memberikan rasa aman dan nyaman di jalan raya.

Gunakan Bigbird, Bus Tujuan Jakarta – Puncak Resmi Diluncurkan

Ilustrasi

“Saat ini sedang disusun seperti apa pembatasan untuk usia truk. Rencananya akan berlaku pada 2022 mendatang. Saat ini sudah ada Peraturan Kementrian Perhubungan terkait pembatasan usia bus, baik itu untuk pariwisata atau swasta. Jadi kita kini tengah dalam tahap kajian,” papar Budi dalam diskusi Forwot bertema Road to Zero-ODOL Truck On the Road.

Budi menambahkan, saat ini tidak sedikit truk dengan usia di atas 20 tahun masih digunakan di jalan raya. Dengan adanya peraturan yang kini tengah dalam tahapan tersebut, diharapkan mampu membuat insiden kecelakaan akibat usia kendaraan yang uzur dapat dikurangi.

Update Fitur Tesla Menimbulkan Insiden?

Sementara itu, menanggapi wacana pembatasan usia truk, Ernando Demily, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyambut positif. Sebab menurutnya, dengan penggunaan usia truk lebih mudah, dapat membuat pengusaha logistik lebih produktif sehingga memberikan keuntungan yang lebih.

“Peremajaan unit yang digunakan seperti truk itu memang diperlukan. Karenakan seperti diketahui, biasanya truk digunakan untuk jarak yang jauh. Jadi kalau dipaksakan terus berjalan, perlu waktu untuk rehat juga, perawatannya juga berbeda dibanding mobil dan kendaraan lain,” ungkap Ernando di lokasi yang sama.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here