RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Salah satu strategi yang tengah dirancang pemerintah guna mengurangi tingkat kecelakaan akibat truk kelebihan muatan dan berat yakni dengan memasang alat di gerbang tol. Alat tersebut nantinya mampu mendeteksi kelebihan dimensi dan berat kendaraan truk yang melintas.

Hal ini seperti yang dipaparkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi dalam diskusi bertajuk Road to Zero, ODOL Trucks On the roads yang digelar Forum Wartawan Otomotif (Forwot). Ia menuturkan, rencananya pemasangan alat tersebut akan dilakukan mulai tahun depan.

Jadi Penyebab Kecelakaan, Forwot & Isuzu Gelar Diskusi Berantas ODOL

Truk ODOL

“Target kami jelas, ingin menghilangkan truk yang dimensi dan muatannya berlebih. Salah satunya yaitu dengan memasang WIM (Weight in Motion) di gerbang tol. Itu rencananya akan dilakukan mulai tahun depan,” papar Budi.

Ia menambahkan, bila truk yang diketahui dimensi dan muatannya melebihi dari ketentuan, secara otomatis akan dilarang masuk kedalam jalan bebas hambatan.

“Nantinya alat akan memberi sinyal bila truk itu tergolong ODOL. Akan ditimbang kelebihannya dan bila terbukti, akan langsung kita proses secara hukum dan masuk pengadilan untuk ditilang,” tambah Budi.

Sering Kecelakaan, Pemerintah Kaji Pembatasan Usia Truk

bright-car

Budi menjelaskan, pemerintah memiliki target untuk menghilangkan kendaraan dengan over dimensi dan kelebihan beban di tahun 2021. Hal itu jadi salah satu upaya Kementrian Perhubungan untuk mencegah banyaknya kecelakaan yang melibatkan truk dengan penyebab kelebihan muatan. Selain itu, pemerintah juga kini tengah mewacanakan pembangunan sistem jembatan timbang berbasis online.

Artinya, akan ada sistem keterbukaan secara digital untuk kendaraan yang akan melewati jembatan timbang. Sehingga mengurangi interaksi langsung dengan petugas. “Nanti dengan jembatan timbang online, kalau ada pelanggaran tidak lagi kepetugas. Pelanggar bisa membayarnya melalui bank dengan mesin EDC atau ATM, itu akan mengurangi hubungan langsung pelanggar dengan petugas kami dilapangan,” tambah Budi.

ODOL merupakan singkatan dari Over Dimension Over Load. Arti tersebut dimaksudkan untuk kendaraan logistik yang mengabaikan perawatan dan membawa muatan berlebih saat di jalan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here