RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Produsen kendaraan asal Boyolali, Jawa Tengah, Esemka sepertinya sedang menggarap sebuah rencana besar berupa mobil sport. Hal tersebut dapat dilihat di akun media sosial Instagram-nya yang tertulis “Konsep Mobil Sport Esemka”.

Sebuah rencana besar untuk mengakselerasi pasar esemka agar dapat bersaing dengan produk otomotif dunia. Esemka akan meluncurkan Project Sport Car yang rencanannya akan dirilis beberapa tahun kedepan.

Konsep desainer lokal akan menepis semua anggapan masyarakat tentang desain esemka yang disetujui menduplikat produk yang sebelumnya telah ada. Cuit akun esemka_official.

Nih 3 Tips Sederhana Lakukan Perawatan Mobil Secara Mandiri

Pada unggahan tersebut juga terdapat informasi bahwa desain mobil sport diperoleh dari akun Instagram @ganeshagegen.

Yap, rupanya Esemka sedang membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengirimkan konsep baik itu komputerisasi atau buatan tangan. Hasil karya dapat dikirim melalui pesan langsung atau email yang tertera. Kontes ini akan ditutup pada 1 Januari 2020 mendatang. Dan nama Pemenang kontes akan menjadi produk nama kedua.

Seperti diketahui, bahwa Esemka sudah meluncurkan kendaraan komersial lewat Bima yang cocok untuk mobil pengangkut. Pasar segmen komersial ini diharapkan menjadi penyumbang keuntungan bagi Esemka mengingat merupakan kelas low end.

Nissan Pamerkan Mobil Konsep Bertenaga Listrik Dengan Fitur Canggih

Pikap Bima tersebut pun sudah dibeli oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara sebanyak 35 unit untuk kebutuhan kendaraan dinas. Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, bahwa pihaknya membutuhkan kendaraan bak terbuka untuk kebutuhan operasional di skuadron di Indonesia.

Esemka Bima 1300 CC dipilih berdasarkan hasil kajian, karena dinilai memenuhi spesifikasi teknis yang dibutuhkan untuk keperluan di landasan TNI AU. Mobil ini juga bisa untuk angkutan suku cadang atau pergerakan di landasan Satuan Skadron TNI AU.

Selain itu, alasan lain yang membuat TNI AU memilih mobil Esemka karena sangat kompetitif atau memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Contohnya jika membeli kendaraan merek lain yang setara kualitasnya, harganya jauh lebih tinggi.

“Saya hitung jika membeli mobil Esemka bisa mendapatkan 35 unit, tetapi membeli kendaraan merek lain hanya dapat 25 unit,” tambah Yuyu Sutisna.

BMW Seri 7 Kini Miliki Grille Lebih Besar

Untuk harga jual pikap Esemka Bima mencapai Rp 110 juta, akan tetapi bagi anggota UKM Indonesia, mobil dapat dibeli dengan harga khusus sebesar Rp 99 juta karena mendapatkan diskon dari Komite Nasional.

“Khusus anggota UKM kita berikan subsidi bagi Esemka Bima untuk kendaraan usaha mereka. Dewan UKM berikan hanya berlaku untuk 2019 ini saja, tahun depan tidak lagi,” ujar Irwan Wijaya HS, Ketua Umum Komite Nasional Dewan UKM Indonesia.

Namun, UKM sendiri konsentrasi produknya hanya untuk varian Esemka Bima 1.2. Hal ini lantaran model tersebut dianggap yang paling pas dengan kebutuhan usaha para anggotanya.

“UKM akan fokus ke model Bima 1.2, tapi untuk unit memang belum ada sampai sekarang karena kami sedang mengejar bengkel perawatan dan lain sebaginya lebih dulu, bila sudah baru kami akan minta untuk dikirim,” pungkas Irwan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here