RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pasar otomotif kehadiran satu pemain baru setelah Mitsubishi meluncurkan Xpander Cross kemarin. Kehadiran mobil dengan konsep crossover tersebut, justru ditanggapi santai oleh Daihatsu yang memiliki produk dikelas yang sama. Hal ini seperti yang diungkapkan Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Menurut Amelia, kehadiran produk baru Mitsubishi ini merupakan strategi yang biasa dilakukan para pabrikan mobil. Ia menuturkan brand otomotif pasti akan melakukan cara untuk tetap mempertahankan penjualan agar tetap stabil. Pasalnya, setiap kehadiran produk baru, trendnya pasti kelak akan mengalami penurunan. Setelah itu, mereka akan menghadirkan varian anyar juga menjaga pasar.

Soal Rocky, Daihatsu Masih Bingung Soal Segmen dan Harga

“Bagus, itu bagian dari sebuah brand. Bukan hanya Mitsubishi untuk expand penjualan, kalau mau naik lagi pabrikan juga harus menghadirkan varian baru, jadi itu startegi normal dilakukan semua pemain otomotif,” papar Amelia saat ditemui beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Amelia menuturkan kehadiran Xpander Cross bukanlah jadi ancaman bagi Daihatsu. Pasalnya, menurut survai internal yang mereka lakukan, Mitsubishi bukanlah rival mereka dalam hal memasarkan produk.

Daihatsu Umumkan Gran Max 1.5L dan Luxio Bermasalah, Ini Penyebab

“Saya sudah bilang dari dulu. Mitsubishi berdasarkan survai kami bukan kompetitor langsung Daihatsu. Jadi saya merasa biasa saja,” tambahnya.

Sebagai informasi, kehadiran Xpander Cross dalam pemasarannya bakal berbenturan dengan produk di kelas low SUV. Pasalnya, mobil ini memiliki bandrol di atas low MPV, sesuai segmen Xpander, serta karakter produk low SUV. Mitsubishi memasarkan Xpander Cross dengan harga mulai Rp 267 jutaan dan tersedia dalam tiga pilihan varian.

Daihatsu Rocky

Nih Spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross, Modal Lawan Toyota Rush

Varian baru Mitsubishi ini dibekali mesin 1.5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) DOHC 16 valve dengan kapasitas 1.500 cc. Meskipun tidak ada perubahan, Mitsubishi mengklaim mesin Xpander Cross lebih hemat bahan bakar dan lebih halus.

Xpander Cross hadir dalam tiga varian. Untuk harganya, pabrikan berlogo tiga berlian ini memasarkan Xpander Cross mulai Rp 267,7 juta hingga Rp 286,7 jutaan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here