Tips Berkendara di Genangan Banjir Solusi Atasi Mobil Agar Tidak Mogok

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Tips berkendara di genangan banjir sangat tepat digunakan saat ini. Musim hujan saat ini tidak bisa ditentukan, kadang deras, rintik-rintik, hingga mengakibatkan banjir. Banjir sering melanda berbagai wilayah, terutama Jakarta. Sulit diprediksi kapan datangnya hujan sehingga anda juga tidak bisa menghindari banjir yang datang secara tiba-tiba. Melalui jalan bukanlah hal yang tidak mungkin. Oleh karena itu, anda tetap harus memperhatikan beberapa hal penting untuk keamanan mobil.

Tips Berkendara di Genangan Banjir

Bagi anda yang berada pada posisi perjalanan dan menghadapi jalan yang sedang banjir, sebaiknya melakukan antisipasi secara cepat. Perhatikan kondisi mesin dan sistem kelistrikannya. Saat berkendara, anda juga perlu mempersiapkan alat seperti dongkrak, segitiga pengaman dan P3K. Ada beberapa tips yang ampuh saat anda mengalami kondisi seperti ini, diantaranya:

Pertahankan Kecepatan Sesuai Kondisi

Saat anda berada di perjalanan yang banjir, sebaiknya atur kecepatan berkendara. Kemudikan mobil dengan kecepatan yang sesuai jarak pandang dan lingkungan sekitar. Perhatikan juga apakah ada genangan air atau tidak. Selain itu, perhatikan juga kondisi sekitarnya.

Gunakan Selalu Putaran Mesin Rendah

Mengendarai mobil yang berbahan bakar bensin, jaga putaran mesin selalu. Stabilkan putaran mesin di angka 2.500 rpm. Namun, jika mobil anda dengan mesin diesel, jaga putaran mesin di angka 1.800 rpm. Hal ini dibutuhkan agar mobil tidak mengalami sliding sehingga traksi roda tetap optimal.

Hidupkan Lampu Day Time

Berkendara di lokasi banjir, hal yang harus dilakukan yaitu selalu menghidupkan lampu day time. Biasanya lampu yang digunakan pengendara mobil adalah lampu hazards saat kondisi hujan. Sebenarnya ini justru keliru. Karena lampu hazards dapat mengganggu pandangan pengemudi yang lain.

Perhatikan Jarak Pengereman

Saat kondisi hujan, proses pengereman membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada biasanya. Anda harus atur jarak pengereman lebih jauh dari biasanya.

Berkendara di genangan banjir pasti sering dialami akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan musim hujan sedang melanda berbagai wilayah. Gunakan tips berkendara di genangan banjir untuk mengantisipasi agar mobil tetap aman.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here