RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya, menimbulkan kerugian tersendiri. Tak sedikit kendaraan yang terendam, bahkan terseret oleh arus saat banjir melanda.

Komponen mobil yang wajib diperhatikan paska banjir adalah sistem kelistrikan seperti Electronic Control Unit (ECU), Relay dan Junction Block. Langkah pertama yang harus dihindari adalah menyalakan mesin setelah mobil terendam banjir, karena dapat menyebabkan korsleting atau kerusakan serius pada sistem elektrikalnya.

Bagaimana Tips Berkendara Saat Musim Hujan Dengan Mobil Matic

Setelah itu perhatikan juga bagian interior, seperti karpet dasar, jok, door trik dan head lining. Lakukan pembersihan secara menyeluruh, mulai dari ruang mesin, kabin, bagasi, hingga saringan udara AC. Saringan sistem pendingin kabin mobil yang kotor akan menyebabkan penumpukan kotoran, jamur dan aroma tidak sedap dalam ruang kabin.

Perhatikan juga saat melakukan evakuasi mobil paska terendam banjir, karena mobil dengan transmisi manual dan automatic memiliki treatment berbeda.

Demi meminimalisir kerusakan, kendaraan yang terkena banjir perlu penanganan khusus saat mengevakuasinya.

Tips Klaim Asuransi Pasca Banjir untuk Mobil Anda

Untuk transmisi manual, mobil dapat dibawa dengan cara ditarik atau towing. Sedangkan mobil transmisi automatic, kendaraan sangat wajib dibawa dengan cara digendong. Hal tersebut dilakukan demi menghindari kerusakan karena tidak adanya pelumasan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here