Perlukah Detailing Untuk Cat Mobil?

RAJAMOBIL.COM, Detailing Mobil adalah kegiatan membersihkan kendaraan secara rinci dan menyeluruh, atau pemulihan kendaraan untuk menghasilkan tampilan berkilau yang lebih baik. Salah satu bagian detailing yang paling penting adalah detailing untuk cat mobil. Tujuannya adalah untuk membantu melindungi cat dan bagian mobil lainnya dari paparan sinar UV dan kontaminan.

Kegiatan detailing secara garis besar akan mencakup langkah-langkah seperti membersihkan eksterior, melindungi eksterior, dan membersihkan interior. Tiga hal tersebut sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah, dan tentunya akan mengurangi pengeluaran Anda untuk perawatan mobil.

Langkah-langkah Melakukan Detailing Mobil Sendiri

1 .Membersihkan Eksterior

Langkah ini bertujuan untuk membersihkan semua kotoran yang menempel pada mobil. Dalam membersihkan eksterior mobil, hal penting yang perlu anda ingat adalah, jangan gunakan bahan yang dapat menggores cat mobil. Bahan dari microfiber adalah bahan yang paling dianjurkan untuk mencuci mobil.

Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam mencuci mobil adalah penggunaan handuk, sarung tangan, atau bahan lain yang dapat menimbulkan goresan pada cat mobil. Penggunaan bahan ini memang tidak serta merta menggores cat secara jelas, namun goresan-goresan sangat kecil terjadi saat anda menggunakannya. Biasanya bahan ini digunakan lantaran harganya yang lebih murah.

Beberapa aturan lain yang sebaiknya anda ikuti agar mendapatkan hasil yang maksimal adalah, jangan mencuci mobil anda di bawah terik matahari langsung. Banyak produk detailing yang tidak bekerja secara maksimal ketika terkena terik matahari langsung. Selain itu akan lebih baik lagi jika anda membedakan peralatan yang digunakan untuk mencuci satu bagian dengan bagian lainnya.

2. Melindungi Eksterior

Langkah kedua proses detailing mobil adalah melindungi eksterior. Selain membersihkan bagian luar mobil, detailing juga mencakup dalam melindungi bagian luar mobil. Perlindungan ini dapat dilakukan dengan memberikan car wax atau pelapis cat.

Selain untuk melindungi, pemberian carwax pada eksterior mobil juga akan memberikan kilap yang semakin sempurna. Penggunaan carwax juga harus rutin dilakukan satu sampai tiga bulan sekali. Berdasarkan pengalaman dari penggunaan carwax, efek perlindungan yang diberikan akan menurun secara signifikan setelah penggunaan selama lima minggu.

3. Membersihkan Interior

Setelah dua proses detailing awal selesai maka langkah terakhir adalah membersihkan interior. Kegiatan ini mencakup menyedot debu, membuang sampah, dan menghilangkan kontaminan dari jok mobil, dashboard dan seluruh bagian dalam mobil.

Pentingnya Melakukan Detailing Untuk Cat Mobil

Penting atau tidaknya hal ini dilakukan sesungguhnya tergantung dari cara pandang masing-masing pemilik mobil. Tapi, detailing untuk cat mobil memiliki manfaat yang akan membuat Anda tertarik.

1.Tampilan mobil selalu mengkilap alias kinclong

Tidak perlu gonta ganti mobil hanya untuk mendapatkan mobil yang masih kinclong. Cukup lakukan detailing untuk cat mobil Anda secara rutin, maka warna di badan mobil Anda tidak akan cepat memudar.  Selain itu, hal ini juga bisa membantu Anda untuk tampil oke di depan kolega Anda.2

2 .Mengantisipasi penuaan dini pada badan mobil

Cahaya matahari, hujan, debu, lumpur, pergantian iklim yang sering tidak menentu bisa menjadi salah satu cat mobil cepat menua.  Pilihannya antara warnanya memudar atau mengelupas dengan cepat. Untuk mengantisipasinya tentu detailing untuk cat mobil sangat diperlukan.

3. Lebih mudah dirawat

Perawatan rutin biayanya tidak sebanding dengan jika harus memperbaiki total cat mobil Anda. Makanya lebih baik melakukan detailing untuk cat mobil secara rutin agar badan mobil lebih mudah dibersihkan dan tidak gampang rusak.

Setelah membaca ulasan di atas, jadi mengerti bukan apa itu detailing mobil dan mengapa detailing untuk cat mobil ini sangat diperlukan? Lebih baik Anda mencegah kerusakan pada cat mobil Anda dibanding harus mengecat ulang. Selain bisa dilakukan di bengkel, detailing mobil juga bisa dilakukan di rumah. 

Selamat mencoba!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here