Tips Memilih Oli Mesin Yang Baik

RAJAMOBIL.COM, Bagaimana cara mendapatkan oli yang bagus untuk mesin? Simak beberapa tips memilih oli mesin yang baik berikut ini. Sebagian besar orang tentu tahu bahwa oli merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mesin kendaraan. Meskipun begitu, banyak orang yang masih merasa bingung bagaimana cara mendapatkan oli yang bagus dan berkualitas untuk kendaraannya.

Perlu diingat, memilih oli tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena bisa berdampak buruk pada mesin kendaraan Anda ke depannya. Agar tidak salah pilih, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika akan membeli oli mesin di pasaran. Apa saja tipsnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Memilih Oli Mesin yang Baik untuk Kendaraan

Pahami Karakter Mesin

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli oli mesin untuk kendaraan yaitu memahami terlebih dahulu mesinnya. Cara yang paling mudah untuk mengetahuinya yaitu dengan melihatnya di manual book. Pastikan untuk membeli jenis oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan Anda.

Lihat Kekentalan Oli

Tahukah Anda meski memiliki fungsi yang sama, ternyata oli yang tidak sesuai dengan jenis mesin kendaraan tidak akan memberikan performa yang optimal. Biasanya perbedaan oli pada setiap kendaraan dibedakan dari tingkat kekentalannya. Semakin besar angka yang berada pada kode SAE, maka semakin kental pula jenis oli yang dibutuhkan.

Cek Bahannya

Satu lagi tips yang perlu dilakukan ketika akan membeli oli di pasaran yaitu mengecek terlebih dahulu bahannya. Seperti yang diketahui, berdasarkan bahan yang digunakan oli mobil dibedakan menjadi dua jenis. Kedua jenis tersebut yakni oli sintesis dan oli mineral. Untuk jenis yang pertama yakni oli sintesis memiliki fungsi lebih maksimal dibandingkan dengan oli mineral.

Namun perlu diingat, kebanyakan oli sintesis cocok dipakai untuk mobil-mobil keluaran pabrikan terbaru. Jadi, pastikan untuk mengecek bahannya dan pastikan bahwa oli yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Demikian beberapa ulasan singkat tentang tips memilih oli mesin yang bagus dan berkualitas untuk kendaraan kesayangan Anda. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, Anda bisa meminimalisir kesalahan dalam memilih oli untuk kendaraan. Semoga bermanfaat dan membantu!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here