Tips Mengatasi Slip Ban Pada Saat Berkendara di Atas Tanah

RAJAMOBIL.COM, Kejadian-kejadian saat berkendara sebagian besar tidak dapat kita prediksi dan tidak mudah untuk diatasi pula. Salah satunya adalah slip ban. Slip ban merupakan keadaan dimana ban tidak kekurangan kekuatan cengkeraman terhadap permukaan jalanan. Slip ban ini dapat disebabkan oleh berbagai macam alasan. Ketika Anda berkendara pada permukaan berpasir atau tanah yang basah, maka Anda dapat mengalami kejadian slip ban.

Hal ini biasanya terjadi karena penekanan pedal gas yang terlalu kuat dan mendadak. Kemungkinan kendaraan akan terjebak dan sulit untuk berjalan sehingga harus diangkat terlebih dahulu. Nah, berikut tips mengatasi slip ban pada saat berkendara di atas tanah yang dapat menjadi solusi ketika Anda mengalami kejadian yang sama.

Tips Mengatasi Slip Ban di Tanah

1. Kurangi Tekanan Pedal Gas

Saat berkendara pada permukaan yang berpasir atau jalanan yang becek, kejadian slip ban seringkali terjadi. Umumnya hal ini terjadi karena terlalu kuat menginjak pedal gas sehingga ban menjadi terjebak pada permukaan jalanan. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengurangi tekanan pada pedal gas. Cara ini akan mengembalikan traksi kembali pada ban sehingga ban dapat keluar dari permukaan.

2. Beri Pengganjal Pada Roda Pengerak

Tips mengatasi slip ban berikutnya adalah memberi ganjalan pada roda penggerak kendaraan Anda. Anda harus mengetahui terlebih dahulu roda mana yang menjadi penggerak kendaraan Anda. Kemudian ambil kayu atau batu dan letakkan tepat di bagian depan roda penggerak kendaraan Anda. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan daya cengkeram dari ban kendaraan Anda. Kemudian gas perlahan-lahan hingga normal.

3. Mengurangi Tekanan Udara Pada Ban

Tips berikutnya yaitu dengan cara mengurangi tekanan udara yang ada di dalam ban sebanyak 20 hingga 25%. Cara ini dapat membuat ban menjadi lebih menapak pada permukaan yang berpasir atau bertanah basah. Kemudian gas perlahan-lahan untuk mendapatkan daya cengkeram kembali. Namun, jika keadaannya sudah parah, sebaiknya Anda meminta bantuan untuk menarik kendaraan Anda secara langsung.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here