Benarkah Tindakan Menyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Lebat?

RAJAMOBIL.COM, Menggunakan lampu hazard saat hujan adalah langkah yang kurang tepat dilakukan oleh pengendara mobil maupun kendaraan lainnya. Penyalahgunaan tersebut justru bisa berdampak buruk bagi pengendara lainnya, terutama saat digunakan disaat yang tidak tepat. Itulah mengapa, kamu perlu untuk mengetahui kapan harus menggunakannya.

Lampu hazard adalah lampu yang akan menyalakan sein kiri dan kanan secara bersamaan dan kedua lampu tersebut akan terus berkedip. Lampu ini digunakan hanya pada saat darurat atau tertentu saja. Penggunaan yang tepat dari lampu ini diatur dalam perundangan-undangan juga.

Salah Kaprah Penggunaan Lampu Hazard yang Harus Diubah

Lampu hazard adalah komponen penting yang harus dimiliki setiap kendaraan. Namun, sebagian besar masyarakat masih sering salah dalam menggunakan lampu yang satu ini. Beberapa tindakan yang kerap salah adalah menyalakan lampu hazard saat hujan. Ada banyak bahaya yang bisa timbul akibat perbuatan ini dan kamu bisa simak ini.

1. Lampu Sein Tidak Berfungsi Saat Persimpangan

Setiap pengendara mobil harus memahami sistem kerja dari lampu hazard. Saat seseorang menyalakan lampu hazard pada kendaraan, maka lampu sein jadi tidak bisa dipakai. Saat lampu hazard menyala, maka lampu sein kiri dan kanan akan menyala terus menerus sampai pengendara memencet tombol turn of.

Bisa dibayangkan saat hujan sedang lebat dan ada pengendara yang justru menyalakan lampu hazard. Sang pengendara akan terus melaju dengan kondisi lampu sein kiri dan kanan menyala berkedip sepanjang jalan, termasuk saat tikungan. Alhasil, pengendara lain tidak bisa mengetahui pengendara dengan lampu hazard akan belok kemana.

Hal ini justru malah bisa menimbulkan kecelakaan, karena bila ternyata pengendara dengan lampu hazard memutuskan untuk belok dan pengendara di belakangnya harus mendadak menurunkan kecepatan mobil. Beruntung bila tidak terjadi kecelakaan, tetapi pengendara dengan lampu hazard bisa membuat orang lain emosi dan tidak nyaman.

2. Mengganggu Konsentrasi Pengendara Lain

Setiap pengendara mobil harus selalu konsentrasi saat di jalan untuk bisa tetap selamat sampai ke tempat tujuan. Nah, konsentrasi dari pengendara bisa terganggu saat ada pengendara lain menyalakan lampu hazard di waktu yang tidak tepat. Salah satu tindakan yang salah dan sering dilakukan adalah pakai lampu hazard saat hujan deras.

Padahal tindakan yang tepat dilakukan saat hujan deras adalah pengendara menyalakan lampu senja maupun lampu utama. Kedua jenis lampu tersebut tidak berkedip-kedip, sehingga aman dipakai dalam waktu lama saat jarak pandang terbatas. Dengan menyalakan lampu tersebut, pengendara di belakang akan tahu bahwa harus jaga jarak.

3. Membuat Bingung Orang Lain yang Berkendara

Biasanya orang yang menyalakan lampu hazard melakukan hal tersebut saat menemukan kondisi tidak baik pada kendaraan saat berkendara. Kemudian, mobil perlu untuk diberhentikan di tengah perjalanan.

Jadi jeda waktu antara menyalakan dengan mobil dengan lampu hazard menyala untuk berhenti hanya sebentar. Namun, saat digunakan dalam kasus hujan lebat bisa menimbulkan hasil yang berbeda, karena langkah ini salah untuk dilakukan.

Semakin jauh jarak pengendara dengan lampu hazard terhadap tujuan, maka akan semakin lama ia membuat bingung orang. Ada banyak persimpangan yang dilewati tanpa menggunakan penanda berupa lampu sein. Hal ini justru bisa menimbulkan kecelakaan.

Kapan Harus Menggunakan Lampu Hazard?

Setiap pengendara harus selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang ada, termasuk dalam hal menyalakan lampu hazard. Lampu yang dinyalakan dengan tombol bersimbol segitiga berwarna merah ini memiliki arti bahwa pengendara di belakangnya harus siap-siap berhenti mendadak akibat adanya kerusakan pada mobil.

Pertanda ini juga biasa dinyalakan pada saat terjadi kecelakaan di depan mobil yang menyalakan lampu hazard, sehingga mobil di belakangnya bisa segera berhenti. Penggunaan lampu hazard yang salah bisa membuat pengendara lainnya menjadi kebingungan. Sekarang kamu sudah memahami bagaimana menggunakan lampu hazard yang benar bukan. Kamu tidak lagi perlu untuk pakai lampu hazard saat hujan, karena ini adalah langkah yang salah. Kamu bisa saja sebarkan informasi ini kepada teman maupun keluarga juga untuk menghilangkan salah kaprah atau anggapan salah atas lampu ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here