Kamu Wajib Tahu Perbedaan Parkir Paralel dan Parkir Seri

RAJAMOBIL.COM, Salah satu hal yang menjadi momok saat berlatih menyetir mobil adalah parkir kendaraan. Bayangkan saja dengan luas lahan yang sangat terbatas dan bersebelahan dengan mobil lain, tidak boleh tergores sama sekali. Pastikan kamu untuk bisa melakukan parkir paralel maupun seri. Perbedaan parkir paralel dan seri akan dijelaskan di sini.

Setiap jenis parkir perlu prosedur yang berbeda. Itulah mengapa kamu yang baru berlatih mengendarai mobil perlu untuk mengetahui tips dan trik tersebut. Hal ini juga akan kamu perlukan pada saat melakukan tes untuk bisa mendapatkan SIM A. Kamu juga akan menemukan teori ini di sekolah mengemudi juga. Simak tips dan trik parkir di bawah ini.

Tips Parkir Seri dan Keluar Parkiran

Salah jenis parkir mobil yang akan banyak kamu temui di mall maupun tempat publik lainnya menggunakan jenis parkir seri. Teknik parkir seri ini sering juga disebut dengan parkir berjajar. Parkir seri adalah parkir dimana pengemudi harus bisa melakukan penempatan posisi tegak lurus dari arah jalan. Tips parkir seri bisa dipelajari berikut ini.

1. Belokkan Kendaraan Sedikit Menyerong 2 Meter dari Tempat Parkir

Saat kamu akan melakukan parkir mobil secara seri di kiri jalan, maka kamu perlu ambil ancang-ancang belokan ke kiri dan ke kanan lagi. Posisi tersebut harus dilakukan dengan jarak paling tidak 2  meter dari tempat parkir yang kamu incar.

2. Ganti Transmisi Jadi Mundur

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah mengganti transmisi dari semula yang maju menjadi mundur. Mundur secara pelan-pelan dengan membelokkan setir ke arah kiri. Ingat untuk selalu tengok bagian belakang mobil untuk memastikan mobil tidak menabrak bagian belakang.

Tengok juga bagian kanan dan kiri untuk pastikan kondisi parkir sudah simetris. Posisi yang simetris ini memungkinkan untuk tidak mengganggu bagian parkir dari mobil orang lain juga.

3. Majukan Kendaraan Sekitar 2-3 meter

Memasukkan mobil dengan parkir seri memang lebih susah dibandingkan dengan saat kamu harus mengeluarkan mobil. Apabila kamu berniat untuk mengeluarkan mobil, maka kamu hanya perlu untuk memajukan mobil sampai 2 atau 3 meter dari posisi parkir sebelumnya.

Kemudian, kamu bisa memutuskan untuk akan berbelok ke kanan atau kiri sesuai dengan arah arus kendaraan di parkiran. Jangan berbelok terlalu cepat, karena kamu justru akan bisa menyenggol mobil orang lain yang berada di kanan maupun kiri kamu. Untuk bisa parkir secara lancar, kamu perlu berlatih terus-menerus.

Tips Parkir Paralel

Parkir paralel adalah parkir dimana pengemudi harus menempatkan posisi sejajar dengan jalan. Sebagian besar parkiran jenis ini terjadi di pinggir jalan raya. Kamu juga harus bisa melakukan parkir jenis ini, karena bisa berguna pada saat kamu harus memberhentikan mobil secara terpaksa akibat kerusakan mesin di pinggir jalan.

Sebelum parkir paralel, maka kamu harus memastikan bahwa mobil yang akan kamu parkir ada jarak 1 meter dari mobil di depan dan belakang yang juga sudah parkir terlebih dahulu. Saat sudah pasti bisa parkir, kamu hanya perlu memajukan mobil sejajar dan mundurkan dengan arah membelok ke area parkir yang diinginkan dan sesuaikan parkiran. Kamu akan bisa melakukan parkir dengan baik saat ini setelah mengetahui cara parkir paralel dan seri. Kamu juga sudah mengerti bukan perbedaan parkir paralel dan seri setelah membaca informasi ini. Yuk sebarkan informasi ini juga kepada orang yang sedang belajar menyetir agar bermanfaat!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?